Bulan Kesepuluh: Mulai Merambat

July 23, 2008 • 4:18 pm

Sekali bayi dapat berdiri sambil bersandar pada sofa atau meja kecil, jangan harap iya akan diam. Ketika pertama kali merambat, bayi cenderung untuk melangkahkan kakinya kesamping. Ia segera belajar bahwa adalah tidak menyenangkan untuk merambat kesamping. Perhatikan cara yang dilakukan bayi untuk mengganti caranya melangkah. Ia memutar kakinya, kemudian telapak kakinya, sehingga dia dapat bergerak ke depan, bukannya kesamping, kemudian ia memutar bagian atas tubuhnya agar selaras dengan tubuh bagian bawahnya. Sekarang, ia belajar untuk menempatkan salah satu kakinya di depan, dan dia berjalan mengelilingi meja, berpegangan dengan dua tangan pada awalnya, lalu dengan satu tangan.

Dikutip dari The Baby Book karya William Sears, MD

teriak.JPGHari selasa kemarin Alma berusia 10 bulan (22 September 2007 – 22 Juli 2008). Betapa cepatnya waktu berlalu. 10 bulan yang lalu dia masih bayi yang tidak berdaya, tapi sekarang udah menjadi bayi yang pinter macem-macem, mulai dari tengkurep, duduk, merangkak, berdiri dan sekarang mulai merambat. Alma udah mulai merambat terutama berkeliling di box-nya. Alma juga udah mulai berani membalikkan badannya, melepaskan tangannya dan mencoba untuk berjalan sendiri (seperti yang udah gue bahas di postingan sebelumnya). Kalo melepaskan satu tangan sih dia udah sering dan kadang tanpa berpegangan hanya perut atau punggungnya yang disandarkan ke sofa

Alhamdulillah sampe saat ini gue juga masih diberkahi dengan ASI walopun jumlahnya semakin menipis. Sebisa mungkin gue berusaha memperpanjang masa menyusui ini dengan tetep minum susu, minum vitamin dan makan makanan sehat. Merah ASI di kantor mulai gak terjadwal karena kerjaan yang bertumpuk, kadang cuma 1 kali merah, disambung malemnya dirumah. Untungnya Alma kalo bangun malem seneng banget nete, sampe mulutnya nganga-nganga nyari-nyariin puting, jadi semoga aja ini tetep merangsang payudara untuk memproduksi ASI.

Perkembangan Alma yang terjadi dengan pesat beberapa minggu ini terutama ada pada gerak isyarat dan bahasa tubuhnya:

1. Kalo kita mengucapkan kata ‘halo’, tangan Alma langsung diangkat menuju kupingnya, walopun dia sedang memegang benda apapun, benda tersebut selalu diasosiasikannya sebagai telepon

2. Kalo kita mengucapkan kata ‘sayang’ maka dahinya langsung ditempelkan ke dahi orang atau boneka yang ada di dekatnya. Sampe di tempel kenceng dan lamaaaa banget. So swiiiit…

3. Kalo kita mengucapkan kata ‘tepuk tangan’ atau ‘hore’ maka Alma dengan otomatis mengayunkan kedua telapak tangannya saling bertemu dengan mengeluarkan suara ‘plok-plok-plok’ disertai dengan mimik gembira.

4. Kalo kita mengucapkan kata ‘bobok’, maka Alma langsung merebahkan kepalanya menuju bantal atau yang lebih lucu lagi bantal dihadapannya diambil dan ditempelkan ke kepalanya.

5. Siapapun orang yang akan pergi dari hadapannya terutama pada sampai di depan pagar dengan otomatis Alma melambaikan tangannya untuk ‘dadah’, kadang disertai dengan ucapan ‘aaa…aaaa…aaa’

6. Suka banget bermain petak umpet. Dia pasti inget dimana kita ngumpet dan merangkak mencari tempat persembunyian kita. Kemudian dia akan meniru kita mengumpat dan mengintip dari balik sofa

7. Udah pinter menyambar botol susunya kemudian diarahkan ke mulutnya dan dia mulai minum dari botol tanpa dibantu. Tapi herannya nih anak cuma mau minum sendiri dari botol yang isinya air putih, kalo isinya susu dia maunya di pegangin.

8. Kalo lagi gak males dia bisa makan finger food sendiri sampe belepotan

9. Lagi suka masukkin benda apapun ke dalam mulutnya (akhirnya tiba juga saatnya), karena giginya yang lagi numbuh, jadi apa juga digigitin sama dia.

10. Kapanpun dimanapun selalu menggoyangkan badannya setiap ada alunan musik.

11. Udah bisa mengasosiasikan nama dengan wajah orang. Kalo ditanya “Bunda mana?” kepalanya akan ditengok ke arah bunda.

12. Kalo dihadapannya diberikan buku maka dengan reflek dia mengoceh seperti orang sedang membaca “bla…bla…bla…bla…”

13. Ocehannya semakin beragam, sering banget teriak dan menjerit tapi juga sering mengucapkan kata-kata yang mungkin hanya dimengerti oleh orang terdekatnya.

Kemaren mbak-nya Alma cerita bahwa bahasa tubuh Alma mencari eyangnya yang tidak ditemuinya di lantai bawah. Kemudian Alma mengajak si mba untuk naik ke lantai atas, ke kamar eyang, tapi dia juga masih tidak menemukan eyang disana kemudian Alma mengucapkan kata ta’-ata’ (gak ada) yang menandakan bahwa orang yang dia cari tidak ditemukannya. Dan pada saat mba-nya menceritakan ini dihadapan gue dengan menyebutkan kata ta’-ata’, seketika Alma langsung nyamber mengucapkan kata yang sama. berarti dia tau kalo kita lagi membahas kata ‘gak ada’ yang dia maksud. Wah semakin pinter aja anak bunda niiih….

Di bulan kesepuluh ini, gak ada jadwal imunisasi buat Alma. Imunisasi di tahun pertamanya udah lengkap, cuma karena kemaren dagu Alma ruam cukup parah sampe keluar darah gue memutuskan untuk membawanya kerumah sakit. Dokter bilang gak ada yang perlu dikhawatirkan, cuma harus dijaga aja kebersihan mulutnya setelah makan.

Perkembangan fisik:

BB: 8,52 (naik 200 gram)
TB: 76 cm (naik 5 cm)
Lingkar kepala: 43 cm (naik 1 cm)

Berat badan kenaikannya tidak signifikan. Ya iyalah gimana juga mau gemuk wong polahnya gak ketulungan. Hari minggu waktu mampir ke rumah omanya malah lebih parah lagi nih anak, aktifnya gak kira-kira sampe gue bingung nih anak abis makan apa ya kok gak bisa diem sama sekali. Alma ini kayaknya temperamennya cenderung impulsif, dia tidak peduli bahaya yang mengancam dirinya jika dia bertindak diluar batas kemampuan.

Herannya dengan badan yang mungil dan imut-imut tapi dia berat banget saat digendong. Dokter bilang normalnya umur 10 bulan adalah 9 kilo, artinya Alma ketinggalan 500 gram. Tapi dokter juga bilang fisik Alma tidak kurus malah cenderung berisi dan sehat, gue rasa itu yang terpenting. Bayi gendut emang lucu tapi kasian juga karena gendut dia jadi gak bisa banyak beraktifitas. Waktu kumpul acara casting cover hunt Majalah Parenting Indonesia kemaren, gak banyak gue liat bayi yang aktif dan ‘berkicau’ seperti Alma, mereka rata-rata diem dan ‘patuh’ saat digendong.

Keep growing my darling, we are really proud of you

baca-buku.JPG

Selamat ulang bulan Alma ;)

Cats: Almathea Valezka

No Comments »

No comments yet.

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL