Makanan Sehat Untuk Balita

March 16, 2009 • 3:09 pm

Bosan memberikan makanan kepada anak ibunda yang itu-itu saja? Kalau iya, cobalah beberapa resep dibawah ini. Memberikan gizi kepada buah hati gak melulu harus berbahan dasar nasi, tapi juga bisa divariasikan dengan bahan lain yang memiliki kandungan gizi yang sama. Resep  ini diambil dari “100 Resep Makanan Sehat untuk Balita” karya Tuti Soenardi yang telah diuji coba di ochantiques’ kitchen dengan sedikit modifikasi. Ada baiknya ibunda membeli buku ini (resepnya agak-agak model makanan bule gitu deh) karena didalamnya banyak sekali menu-menu untuk balita yang menarik untuk dicoba karena selain bisa dijadikan cemilan juga bisa diberikan sebagai makanan utama buat si kecil yang tidak perlu disediakan dengan nasi.

Bagi saya yang memiliki toddler yang sangat aktif, makanan seperti dibawah ini sangat berguna untuk dibawa kemana-mana. Lebih awet dan lebih praktis disimpan di kotak makan. Kalau dirumah biar kata anak lari-larian tapi masih bisa dibilang mudah untuk menyuapinya karena lebih leluasa cari akal buat mengalihkan perhatiannya, tapi kalau lagi di jalan bagaimana? atau di mobil contohnya? Urusan makan malah bisa jadi bencana, apalagi kalo makanannya yang model sup-supan, ya tumpahlah, ya kesenggol lah karena tempat yang terbatas dan anak yang tidak mau duduk diam.

Kebetulan Alma ini lebih gampang makannya kalo disuapi pake tangan. Dan dia suka model makanna seperti ini. Jadi kalau pergi-pergi dan kebetulan harus makan dijalan (terutama di mobil) saya selalu menyediakan makanan seperti ini,  yang bentuknya goreng-gorengan (omlette) atau roti. Yang modelnya ‘potekan’ atau finger food. Makanan model ini lebih cepat ditangkap, juga minim tercecer dan tumpah. Supaya tetap ada nilai gizinya si omelette (bahan dasar telor) dan roti harus di variasikan dengan daging dan sayuran. So inilah beberapa resep yang pernah saya coba. Untuk bahan, jika ibunda masih ragu memberikannya bisa di hilangkan. Makanan ini bisa diberikan mulai dari umur 1 tahun ketatas.

Mohon maaf karena foto asli makanan buatan saya agak ‘acakadut’ hasilnya, jadi foto dibawah saya ambil dari buku Tuti Soenardi kecuali untuk Roti Pizza  daging giling (kalo yang itu foto asli :) ). Resep lain menyusul ;)

Silahkan mencoba!

————————————————————–

PIZZA ROTI DAGING GILING

sandwich-balita

Resep ini kurang lebih seperti sandwich orang dewasa pada umumnya. Bedanya bumbu lebih minim jumlahnya dan supaya merasa yakin semuanya mateng, tomat dan salada ikutan ditumis.

Bahan:

2 lembar roti tawar tanpa kulit iris menjadi 2
Air/kaldu (dikira-kira saja)
50 gram daging giling
2 lembar daun selada cincang
1 siung bawang putih
2 sdm bawang bombay
1/2 buah tomat
1/2 batang daun bawang dan seledri
sedikit garam dan merica bubuk
1 sendok saus tomat
keju parut
Margarin / unsalted butter untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu, kemudian masukkan daun bawang dan seledri.
  2. Tambahkan tomat dan salada diikuti dengan daging giling sampai berubah warna.
  3. Masukkan garam, merica dan saos tomat. Masak hingga kental.
  4. Angkat dan sajikan diatas roti tawar lau taburi dengan keju parut

————————————————————–

BOLA TAHU KEJU

bola-tahu-keju1

Bahan:

250 gram tahu, haluskan
50 ml air
30 gram tepung terigu
20 gram margarin
25 gram keju parut
1 butir telur ayam
1 sdm tepung sagu
garam secukupnya
sedikit merica
minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Masak air bersama margarin, lalu masukkan tepung terigu, aduk rata, angkat.
  2. Campur dengan tahu yang sudah dihaluskan, keju, telur ayam, aduk. Beri garam, merica, dan tepung sagu, aduk rata.
  3. Panaskan minyak goreng, bentuk adonan bulat dengan memakai 2 sendok makan menjadi 10 bulatan, lalu goreng sampai matang.
  4. Angkat, hidangkan.

————————————————————–

OMELET SAYURAN

omelet-sayuran

Bahan:

100 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
250 ml air
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt merica bubuk
20 gram margarin
2 sdm bawang bombay cincang
2 siung bawang putih, iris halus
50 gram udang, cincang kasar
100 gram jamur merang, iris kecil
100 gram wortel, iris korek api

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, telur, air, garam dan merica. Aduk sampai rata
  2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan udang cincang, jamur serta wortel. Tumis hingga layu
  3. Masukkan tumis udang kedalam adonan telur. Aduk hingga rata
  4. Panaskan margarin dalam wajan dadar. Tuangi adonan biarkan sampai matang. Balikkan dan biarkan pula sampai matang. Demikian selanjutnya sampai adonan habis

————————————————————–

OMELET KENTANG

omelet-kentang

Bahan:

200 gram kentang, kukus iris bulat tipis
2 butir telur ayam
2 buah tomat, iris bulat tipis
sedikit garam
25 garam keju parut
2 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Kocok 1 butir telur ayam lalu beri garam
  2. Panaskan wajan dadar teflon, beri separuh margarin
  3. Tuang adonan telur, beri separuh kentang dan tomat, atur, taburi atasnya dengan sebagian keju, masak sampai matang. Angkat
  4. Lakukan hal yang sama untuk telur yang satu lagi. Hidangkan

Cats: Almathea Valezka,Foods,Ochantiques Kitchen

10 Comments »

  1. yayu says:

    makacih mba’ ocha atas resepnya, dgn kondisi cuaca skrg ini yg gampang membuat si kecil sakit, resep ini bisa meningkatkan daya tah tubuh si kecil, buatnya jg ga susah,bahan-bahannya terjangkau & rasanya ga kalah dari cafe-cafe top dech :-)

  2. Bunda Qila says:

    Alo mba ocha,thanks to info nya ya,emg lg butuh bgt nih,Shaqila lg mulai susah makan nya,so aku lg rajin2 nya cobain resep2 utk balita seumuran dia(wlw kdg kcewa jg krn dia ttep males aja mkn nya:-)),skali lg thanks mba,tar mo cari bukunya jg ah…

  3. Hai bun salam kenal lagi , ini dia yang di tunggu tunggu .. makasih ya buat resep resepnya, berguna bgt buat farras nanti ..

  4. ocha says:

    @sheilla: yoi sheil di buku ini menunya bisa buat orang dewasa bisa buat anak2 juga. dan enak2 loh penampakannya

    @evy: buuuu lo ngapain jam 1/2 2 pagi masih online. set dah!. Gih sono beli bukunya, aseli berguna banget loh!

  5. bunda zikra says:

    waaa.. mantab bu;) whatta nice posting. kebetulan banget gue mau ada family gathering, mikirin susah mau ngasih makan zikra jadi mikir 2x ngikutnya. sekarang mah bisa ikut kayaknya ngeliat menu2 ini hehe:)

    tengkyu ya bunda ocha, kayaknya gue perlu tuh beli bukunya hehe:p

  6. Sheilla says:

    Duhhh enak2 nih kayaknya, tampilannya menarik apalagi yg omelet kentang. Gw ga jago masak, jagonya makaninnya aja hehe… tapi kayaknya yang ini cukup simple ya bikinnya…

  7. ocha says:

    silahkeun jeeeeng…

  8. sally says:

    seep Cha…thanks banget wat contekannya. Ijin copas yee wat Fadly nanti :D

  9. ocha says:

    Resep ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan ibunda ;)

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL