Lebaran Story 1430 H

September 28, 2009 • 3:30 pm

Libur lebaran kali ini mungkin libur “gak ngantor” terpanjang yang pernah gue rasakan dalam sejarah gue bekerja. Cuma ambil cuti 7 hari kerja sih, dari tanggal 16 – 28 September,  tapi kalo digabungin sama sabtu-minggu dan tanggal merah jadinya 14 hari, banyak kaaaan?? Untung aja gue punya bos yang super ganteng dan baik hati jadi ngambil cuti berapapun buat dia gak pernah masalah. Kalo jaman dulu sebelum merit dan punya anak mah lebaran jarang ambil cuti, paling banter 1-2 hari. Tahun lalu pun rasanya sih cuma 5 harian. Nah berhubung, Dewi, sang ART udah pamit mudik dari tanggal 14 september sore, dan berhubung kami udah tinggal dirumah sendiri, mau gak mau cuti gue pun kudu ngikutin jadwal cuti ART, itupun masih kudu minta adek gue jagain Alma pas Dewi pulang dan nitipin Alma dirumah omanya besoknya. Sengaja juga gue masuk kantor hari selasa besok tanggal 28, soalnya kan ART tuh pulangnya suka molor yah…bener aja tuh…si Dewi baru nyampe tadi pagi jam 4 subuh. Halaaaaah…padahal sih waktu pamit bilangnya tanggal 25 trus pas di SMS beberapa hari lalu bilang tanggal 27 sore…molor terus deh pokoknya.

So ada cerita apa selama libur lebaran yang sudah berakhir ini??? Kesimpulannya adalah semua hari-hari selama libur gue lalui dengan menyenangkan sekali, hehehe…mari deh kita simak satu-satu.

Sholat Ied dan Silahturahmi

Alhamdulillah lebaran kali ini gue mendapatkan kesempatan untuk bisa sholat Ied lagi. Setelah tahun lalu gagal total baru di takbir yang pertama setelah melihat Alma yang merangkak kesana kemari, kali ini gue berusaha untuk bisa memberikan Alma pengertian untuk mau duduk diam selama bundanya sholat.

Minggu pagi kami bertiga berangkat ke mesjid komplek rumah. Untungnya Alma mau dipakein baju lebaran yang pake jilbab, seneng banget ngeliatnya kayak boneka, hehehe. Trus di mesjid misah dengan mas Hendi dan ambil spot di halaman mesjid, gelar 2 sajadah buat gue dan Alma supaya Alma bisa leluasa maen. Tapi tiba-tiba ngeliat di dalem mesjid kok masih banyak tempat kosong ya??? Heran kok orang-orang pada gak merapatkan shaf sih??? Kok panitia sholat ied juga gak ada yang menghimbau??? Akhirnya pindah lah kami berdua ke dalem, daripada diluar kena panas. Dapet spot pas banget di pojok, kanan dan belakang mentok tembok. Wah enak banget nih, artinya Alma gak mungkin bisa lari kemana-mana dan gue pun bisa leluasa sholat. Gelar 2 sajadah lagi dan mulai keluarin buku gambar dan pensil warna Alma. Mulai deh dia anteng, sibuk tulis-tulis. Cumaaa…ini kok orang-orang gak ada yang ngisi shaf di sebelah gue ya…jadi di shaf itu tuh cuma gue berdua doank sama Alma. Gimana ya, kok rasanya gak enak aja gitu…masa iya gue sholat trus sebelah gue ‘syaiton’, duuuh lagi-lagi heran deh sama orang-orang kok ya yang diluar pada gak ada yang mau penuhin tempat di dalem dulu gitu??? Tiba-tiba ada ibu-ibu yang menyarankan gue untuk sholat di sebelahnya (di shaf deretan depan gue), ternyata ada 1 spot kosong. Duh gimana ya…gue perlunya 2 spot karena pengennya sih Alma bisa duduk disebelah gue, biar gue bisa kusyuk sholatnya, tapiiii…gak enak juga kan kalo nolak, apalagi shaf kan emang harusnya dipenuhi dulu yang depan. Ya udah akhirnya pindah lagi deh, cuma sayangnya terpaksa Alma posisinya di belakang gue. Sebelum sholat dimulai Alma masih mau anteng tuh gambar-gambar. Gak taunya shaf pojok tadi ditempatin deh sama orang bawa anak-anak juga, ya udah baguslah Alma jadi ada temen, gue bilang ke Alma untuk maen bareng mereka.

Tiba waktunya sholat…Alma mulai mewek, disuruh duduk gak mau, dikasi maenan gak mau, disuruh maen sama kakak-kakak gak mau, disuruh gambar-gambar lagi gak mau. Waduh! Entah ya dia nangis karena suara kenceng micropohone (alma gak suka suara keras dan hingar bingar), atau dia takut karena ditinggal sholat sendirian. Ya udah deh dengan perasaan sedikit was-was (karena posisi membelakangi Alma), gue pun tetep melanjutkan sholat. Yaaah agak-agak setengah kusyuk lah, hahahha…abisan ngeri aja kalo Alma tiba-tiba jalan-jalan keluar mesjid. Selama sholat sih Alma nangisnya on-off …kadang dia megangin kaki bundanya sambil nangis, trus abis itu dia diem sempet komen “dedek nangis” pas ada bayi juga yang nangis. Trus dia nangis lagi sambil teriak “Ama mau pulaaaaaaaaaaang”, hahahha… dan gue pun gak mungkin menghentikan sholat. Pokoknya kudu jalan terus!!

Setelah sholat selesai, Alma masih nangis aja minta pulang. Kayaknya dia bener-bener gak suka dengan suara kenceng. Selama ceramah aja dia maunya tiduran dengan nutupin mukanya pake bantal, heheheh…ya begitulah…Alhamdulillah  sholat Ied gue bisa ikuti full dari awal sampe akhir.

Kelar sholat Ied, kembali kerumah, alma dan bunda maaf-maafan sama ayah trus mampir ke tetangga-tetangga yang gak pada mudik, salam-salaman trus lanjut ke rumah kedua orang tua kami. Pertama kerumahnya eyangnya Alma (ortunya Mas Hendi), makan ketupat dan kue-kue…gak lama lah sekitar sejaman kudu cabut ke rumah omanya Alma (nyokap gue). Makan ketupat lagi, rendang, dll. Hahaha makan mulu lah pokoknya…nah dari sini kami lanjut ke Serpong karena kumpul keluarga besar nyokap kebetulan tahun ini dirumah tante gue. Kalo tradisi di keluarga gue selalu bagi-bagi angpao dan tahun ini Alhamulillah Alma dapet angpao sekitar 120ribu saja, hehehhe…nanti buat tabungan Alma aja, belum beli celengan nih.

Abis itu kami lanjut lagi ke Pondok Indah kerumah budenya Mas Hendi dan terakhir ke tebet kerumah eyangnya Mas Hendi. Waaaah pokoknya perjalanan panjang banget deh. Malahan masih sempet lagi mampir ke Index Fatmawati dan Matahari Citos segala. Hahahha… Sayang nih kami gak punya foto lebaran bertiga…gak kepikiran poto sama sekali…lagian juga bajunya gak seragaman, hehehe….

Selama ditinggal ART

Alhamdulillah selama ditinggal ART 13 hari, gue gak pernah merasakan kerepotan sama sekali. Bahkan gue masih punya banyak waktu luang, buat update status FB, blogwalking (tapi males bikin postingan or komen, hehe) bahkan me-time. Ternyata jadi FTM gak sesulit yang gue bayangkan kok, hahahha…belagu yaa…mungkin beberapa ibu-ibu mengalami culture shock ditinggal pembantunya, kudu nyuci, masak, nyapu, ngepel etc semuanya sendirian, belum lagi ngurusin anak, mandiin, nyuapin, nidurin. Kalo kerjaan RT aja sih buat gue udah biasa, karena nyokap dari kecil gak pernah punya pembantu dirumah, jadi biasanya ya kami-kami anaknya aja yang bantu-bantu. Ada ato gak ada ART buat gue sama aja, karena ada ART pun pulang kantor or wiken gue tetep turun tangan, seperti nyuapin dan mandiin anak, ngepel pipisnya alma, bebenah yang kecil-kecil, masak, nyuci piring or nyiram tanaman. Gak tau kenapa gue suka banget nyiram taneman, padahal sehari dah 2X tapi rasanya kok pengen lagi terus, hahahha…seger kalo liat ada airnya…pokoknya cintaaa banget deh sama taneman, makanya nih taman gue asri banget, kamboja berbunga, irish berbunga, taiwan berbunga, lotus berbunga, sutra bombay berbunga, pisang-pisangan berbunga, cuma gak tau anggrek gue bunganya kok mati semua ya, heheheh…mungkin kepanasan.

Anyway back to topik, makanya kerjaan RT dirumah sendiri gue lalui dengan lancar dan menyenangkan (entah deh nanti kalo punya bayi lagi, eh tapi belum hamil lagi kok :D). Pernah nih jam 9 dah kelar semuanya, ya nyuci, masak, mandi (berdua sama Alma), nyuapin Alma, nyapu, ngepel, nyiram taneman depan belakang, dan bebenah yang lain (jemur baju dan nyetrika kadang dibantu sama Mas Hendi) Trus niiiih…rumah gue tuh gak pernah kotor dan berantakan loooh…hahaha norak.com banget. Aseli deh biar kata gak ada ART tetep aja tuh gue nyapu-ngepel sehari 2X, malah nih kalo ada kotor dikit aja gue sapu or pel lagi, hahahah  dasar perfeksionis, mungkin karena rumah sendiri ya (miris kalo inget biaya renovasinya), jadi maunya ya indah dipandang terus. Maenan Alma juga gak pernah lama-lama betebaran.

Trus bagemana dengan Alma selama gak ada mbaknya?

Wuiiih pokoknya anak bunda ini top banget deh. Dia sama sekali gak nyariin mbaknya, gak nanyain mbaknya, dan gak rewel sama sekali sepeninggal mbaknya. Kalo ditanya:

“Alma, mba dewi kemana?”
“Ndak ada”
“kemana?”
“pulang tampung”
“mba dewi boleh kerumah Alma lagi gak?”
“ndak boleh”

Bahkan tadi pagi pas ketemu sama Dewi dia langsung takut dan pengennya sama bundanya terus, tapi akhirnya sih mau juga. Sukurlah Alma gak ketergantungan banget sama mbaknya. Mungkin juga karena tiap wiken bundanya sendiri yang selalu turun tangan ngurusin Alma, dan mungkin juga karena Dewi selalu gak pernah berada di dekat Alma setiap ada gue. Insya Allah, moga-moga kalo nanti ganti ART gak ada masalah adaptasi, karena tahun depan Dewi akan menikah.

Dan yang menyenangkan lagi, Alma anak yang easy banget diurus. Makan-nya TOP deh, lahap banget! Gue gak pernah kesulitan sedikitpun nyuapin dia makan. Bahkan gue gak pernah sama sekali makan sambil jalan-jalan ato sambil ngamen di depan dia (kalo sama gue emang gak pernah sambil jalan-jalan). Alma anteng aja duduk sambil nonton TV. Malah dia udah tau kapan aja jadwal dia makan, jadi dia suka request sendiri, kalo disuapin pun kalo dah abis di mulut dia bilang minta lagi. Makan sehari 3X itu-itu aja juga dia gak keberatan. Kalo jaman umur dibawah setaun sih gue masih suka rajin masak 2-3X buat alma tapi kalo sekarang kan makannya udah bareng sama makanan dewasa, malah Alma makan rendang juga looh, hehehe. Alhamulillah dari sejak MPASI sampe sekarang Alma gak pernah kesulitan makan dan minum susu. Yah ada sih beberapa kali GTM or lepeh-lepeh waktu  baby dulu tapi ya gak yang gimana banget gitu sampe gak mau makan (kecuali waktu sakit sampe dirawat itu). Tidur pun dia udah tau kapan aja, tiba-tiba dia matiin tv, ambil boneka-bonekanya dan bilang “yuk bobo yuk”, gak perlu effort untuk nidurin dia, karena gak berapa lama ditemenin, elus-elus si guguk, dia langsung terlelap, yah palingan sesekali aja dia heboh minta ini minta itu, mau gini, mau gitu dulu baru bobo. Dan alma ini mau tidur siang terlalu sore, tetep tidur malemnya gak molor, mau tidur malem lebih malem dari jadwal biasanya pun bangun pagi tetep gak pernah kesiangan. Aaaah emang top deh anak bunda. Mandi apalagi…alma suka banget! Sikat gigi pun sekarang udah gak ada kesulitan. Kasi aja gelas isi air mateng buat dia kumur-kumur, langsung dia anteng disikatin giginya. Cuma ya kadang kumur-kumurnya masih suka ditelen :D

Kalo soal rewel dan bandel ya namanya anak-anak ya jadi pasti ada aja, kayak numpahin air, numpahin makanan, berantakin laci, gak mau ganti baju, tapi gak pernah sampe gimana banget gitu, malahan kalo gue marahin sekalipun alma mah tetep senyuuuum teruuuussss…pokoknya sumeh terus dari lahir mpe sekarang, hehhehe

Selama bundanya kerja RT pun Alma kooperatif sekali. Puter aja Playhouse Disney or Cbeebies udah deh anteng, kadang nyanyi-nyanyi or ngomong-ngomong sendiri, kadang request minta setelin Elmo or Thomas.  Masak pun gak ada gangguan. Soal nyapu dan ngepel malah Alma bantuin bundanya. Tiba-tiba dia bilang “Ama mau bantuin”, langsung tuh dia ambil tangkai pel dan gosok sana sini. Wah pokoknya anak bunda ini hebat banget deh. Bantuin ngeluarin cucian dari mesin cuci dan jemur-jemur yang kecil-kecil sambil berantakin dia juga bisa, hehehe… Dimintain tolong yang agak susahan juga bisa “alma tolong ambilin bunda serokan” dia langsung lari kebelakang ambil serokan tapi kok serokan yang kecil yang di simpen di kabinet kitchen set, ya udah bunda suruh lagi “bukan yang ini, yang gede yang di taman belakang deket sapu” dia lari lagi ke belakang trus kasi ke bunda serokan yang bener. “Alma tolong matiin keran” seneng banget malah dia bantuin bunda siram taneman.  Malah pernah gue tinggal Alma nyetrika diatas, dia tetep aja anteng maen sendirian dibawah. Duuuh pokoknya udah enak deh.

Kesimpulannya? Kalo anak udah umur 2 tahun emang lebih mudah untuk diurus seorang diri sambil mengerjakan rumah tangga. Trus mau jadi FTM sekarang? Hahahha….ntar dulu deh belum rela ngelepasin gaji :D

Selama libur ini juga mau bangun siang tuh kayaknya gak mungkin, secara biasanya alma jam ½ 6 udah harus minum susu dan ½ 7 udah kudu mandi. Tapi pernah lah beberapa kali gue sengaja bangun siang, jam 7 kurang baru beranjak, padahal sih udah stel weker  jam 5 cuma di snooze mulu sampe jam 7, hahaha…so terpaksa ada-lah sekitar 2-3 kali alma skip minum susu bangun tidur, langsung makan pagi aja. Tapi gpp deh Alma udah endut ini, hehehehe… lagian gantinya dikasi yogurt kok.

Jalan-jalan Hunting Furniture

Dari awal sampe libur lebaran ini kami juga sempet jalan-jalan. Yang seringnya sih jalan from Index to Index (Index furnishing), from Ace Hardware to Ace Hardware. Mulai dari Index Depok, Index fatmawati, Index Kemang sampe ke Index Artha Gading, bahkan Home Cientro Kemayoran sekalipun dijabanin hahahah jauh ajaaa…apalagi kalo bukan hunting furniture. Padahal dibilang niat banget beli furniture sih awalnya gak juga, tapi begitu udah liat jadinya kepikiran mulu. Alhamdulillah bulan ini emang bulan penuh rejeki, dapet THR, dapet bonus juga dan setelah itung-itungan posisi keuangan, Insya Allah masih mencukupi bahkan berlebih.

Niat awal mau bikin meja TV lewat temen yang bikin kitchen set, tapi pas ke Index Mas Hendi naksir rak TV yang ada disitu, hargapun masih reasonable. Sementara gue naksir meja makan dari kaca warnanya lime green, kursinya bisa dipadanin apa aja banyak model disana. Hmmm…jadi bingung deh.  Bulak balik ke Index, eh pas 2 malam sebelum lebaran kesana lagi, taunya ada late shopping dan program cash back 10% untuk pembelanjaan minimal 2 juta.  Mas Hendi akhirnya bilang “kalo mau beli meja makan ini, insya allah aku ada uang tambahan nih jadi gak ngerusak THR kita”. Alhamdulillah rejeki lagi…ya udah deh langsung transaksi. Cash backnya dapet 300ribu lebih dikit, akhirnya dipake buat beli rak TV sama wall shelf (ato bahasa interiornya “ambalan”), mayan dapet potongan harga jadinya. Trus saking excitednya ngisi ruang tv dan meja makan dengan warna ijo (karena emang secara gak sengaja konsep ruangan ini warnanya lime green, semua isi cabinet kitchen set kayak tempat beras, talenan, tempat bumbu-bumbu botolan, peresan jeruk, bahkan sapu, serokan, bakul, pokoknya ijo semua deh sampe keranjang buat narok bawang pun warnanya ijo, palingan barang yang lungsuran aja yang gak ijo warnanya heheh…padahal gue mah gak gitu suka warna ijo tapi lime green tuh ternyata bagus loh gak gonjreng tapi gak tua), jadi belanja pernak pernik deh di Index, seperti :

  • Floor cushion warna lime green
  • Photo frame 4R warna lime green
  • Photo frame 8R warna putih (buy 1 get 1 free)
  • Tempat sampah decorative warna ijo dan krem (buy 1 get 1 free)

Kalo di Ace hardware, beli 2 pot warna lime green dan 1 pot warna kuning buat hiasan di kitchen set plus beli TV bracket juga. Jadi sekarang TV nya udah digantung deh, biar gak dipegang-pegang sama Alma, udah baret-baret tuh LCD gara-gara pernah di coret-coret pake pensil warnanya.

Di matahari citos gak sengaja beli 1 set cover tudung saji, cover aqua gallon dan cover kotak tisu. Kembar semua warnanya lime green juga. Waaa…padahal udah lama banget nih nyari yang seragaman gini akhirnya dapet juga walopun gila aja ya masa harga cover tudung saji gitu 125 ribu sebiji, cover gallon 108 ribu, gila mahal aja! Tapi ya udahlah gak mau mikir lagi daripada nanti gak dapet lagi yang cocok, untung aja diskon 20%.

Sementara di Home Cientro naksir sofa ijo buat tarok di depan TV tapiiii…. masih mikir-mikir lah, kayaknya mendingan pesen aja, so akhirnya cuma beli toples yang tutupnya warna lime green 3 biji, tarok diatas kulkas…heheheh…

Kami sempet juga ke Centro Depstor yang bagian pernak pernik rumahnya tuuuh….lagi diskon semua 30% an. Udah nemu jam dinding warna ijo yang pas banget, eh gak taunya tuh jam jarumnya rusak. Yaaah gak jadi deh, sampe sekarang masih belum nemu lagi yang pas.

Anyway, ya baru itu sih yang bisa kami beli, masih belum ada apa-apanya lah secara pernak pernik rumah tuh banyaaaaak banget! Yang lain nyusul deh pelan-pelan. Ini pun gak nyangka juga barang yang dibeli powered by Index semua secara dulu kalo iseng maen kesana suka amaze sama harga-harganya dan kayaknya gak mungkin banget gitu buat ngebelinya. Alhamdulillah akhirnya kesampean juga. Sesuai target gue, gak mau asal beli barang, pokoknya kudu selektif deh.

Waktu furniturenya dipasang, gue kok merasa  meja makannya kekecilan nya, ukuran 120X80 sih, kalo ngecek temen-temen yang kurleb rumahnya sebesar  bahkan lebih besar dari gue pada pake segitu dan cukup. Tapi gue kok merasa jadi kayak di restoran ya, hahahah…kadang-kadang gue merasa rumah gue ini kecil, tapi pas di isi furniture kok ya masih luas aja, mustinya meja yang 150X90 pun masih cukup. Tadinya sih mau dituker tapi kalo dituker cash backnya jadi angus, dan Mas Hendi juga gak setuju. Walhasil gue akalin aja deh tuh tarok kursinya 1-1 aja di tiap sisinya jadi keliatan lebih “ngisi” lah sekarang. Tinggal masangin lampu gantungnya yang udah dibeli dari jaman renovasi dulu, tapi kok jadi pengen ganti warna ijo ya, hahaha…Nah berhubung udah punya meja makan, ada nilai plusnya juga nih, kalo ngeliat kita makan bareng di meja, Alma pengen ikutan juga, dia maunya makan di meja makan juga, udah bisa naik dan turun kursi sendiri. Udah mulai atur-atur juga siapa yang punya kursi. Hahahha…

Trus pas meja TV nya dipasang…kok ya jadi berasa ini meja TV yang kepanjangan (panjang 1,8 M) ato TV nya yang kekecilan ya? Kalo untuk ukuran ruang sih gak kebesaran, kayaknya emang TV nya yang kudu diganti jadi 32 inch nih, hahaha…nantinya masih pengen pesen 2 ambalan decorative  warna lime green ah disebelah tv biar gak terlalu kosong dan nuansa ijonya dapet :D

Nah diruang TV ini juga dulu konsep awalnya cuma mo pake karpet dan 2 bean bag besar aja (udah dapet tuh bean bag ijo yang ditaksir), tapiii…pas ruang sebelahnya udah diisi sama dining set, ternyata ruang TV nya tuh masih banyak banget space buat narok sofa yang even 3 seater pun cukup….jadinya konsep berubah deh mendingan beli sofa aja kalo gitu.

Aaaah…masih banyak PR nih buat ngisi rumah. Masih kudu beli living room set yang bisa ngabisin 15 juta lebih. Masih kudu beli tempat tidur dan bikin meja kerja sekaligus meja rias. Masih pengen juga bikin kamar anak buat Alma. Masih pengen mendekor rumah dengan wallpaper dan kaca-kaca biar kayak di rumah-rumah contoh tuuuuh, hehehe…. dalam waktu dekat kayaknya bakal beli spring bed dulu, soalnya sekarang kita masih pake kasur kapuk lungsuran dari rumah nyokap, kasian yah…dan belakangan kalo diatas tempat tidur gue selalu gatel-gatel dan Alma kalo tidur sering batuk-batuk, tadi dibawa ke DSA nya katanya sih emang kapuk, karpet dan boneka-bonekanya itu sumber masalahnya. Akhirnya tadi dijemurin deh tuh semuanya, boneka-boneka juga pada dicuciin. DSA menyarankan kalo kami kudu ganti kasur jadi latex, heheheh…iyalaaah emang udah ada dalam list kok. Fiiiiiiiiiiiiuhhh…semoga Allah memudahkan rejeki kami. Amiiinnn…

Yaaa…kira-kira begitulah cerita libur lebaran kami…sempet juga having fun buat diri sendiri, jalan-jalan makan diluar, beli baju dan sandal buat lebaran. Pokoknya banyak pengeluaran deh bulan ini. Hehehhe…Yang gak sempet cuma nyalon nih, pengen ngecet coklat rambut lagi or ngitemin aja kali ya sama pedikur. Tapi kapan yaa??? updated – akhirnya tadi sore jadi juga hair coloring dan pedicure ;)

Gak terasa besok udah mulai masuk kerja lagi…kembali menghadapi rutininas kantor, kembali berhadapan dengan macetnya Jakarta. Duuuuuh males banget deeeeeeeeh….

Cats: It's Me,Jalan-jalan

17 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL