Berita yang ketinggalan dan Update Almathea

January 28, 2010 • 11:23 am

Berita- berita yang ketinggalan

Ini  sebenernya udah basi sih ya… tapi somehow gue merasa ada beberapa hal yang kudu tetep di arsip disini biar punya memory gitcuu, hehehe…Ingat gak sih Nov kemaren gue sempet vakum ngeblog sekitar 1 bulan dan setelah itupun kalo nulis mungkin cuma sekali dalam sebulan liat aja tuh postingan bulan oktober aja masih muncul dibawah, hahahah…udah gitu sampe sekarang gue juga masih suka vakum blogwalking dan ninggalin komen… kadang-kadang aja sih tapi belum bisa semua blog teman-teman gue kunjungin nih maap yaaaa…

Wadooh kayaknya musti membangkitkan selera menulis lagi nih sama selera membaca blog orang… yah ini semua karena beban pekerjaan yang terus bertambah di kantor jadi agak sulit emang curi-curi waktu nulis dan blogwalking di sela-sela bekerja dan nyatanya udah komit mau blogwalking dan nulis blog kalo udah nyampe rumah tetep aja susah karena rasa malas lebih dominan, apalagi pas udah PW mau nulis eeeeh trus bingung mo mulai dari mana dulu ya, kacaw nih!

OK beberapa peristiwa yang belum sempet di share disini apa aja:

  • Jalan-jalan ke Taman Burung TMII – 31 October 2009

Sebenernya niat awal sih ngajak jalan ke Taman Safari, tapi ya selaluuuu aja batal tapi entah kenapa kalo pergi ke tempat yang gak direncanakan selalu aja berhasil, pas lagi di jalan..eh iseng belok kearah TMII dan nyampailah ke Taman Burung. Masuk taman burung untuk dewasa bayar Rp. 10 ribu sementara anak dibawah 2 tahun gratis. Di dalemnya lumayan lah ada yang menarik untuk diliat biar kata itu cuma burung doank, hehehe, tapi burungnya beraneka ragam loh, mulai dari yang kecil sampe yang besar-besar. Ada burung yang nemplok aja ditiang dan diem kayak patung. Tadinya gue pikir emang beneran patung tapi kok matanya gerak-gerak, hahhaa…  Alma seneng banget akhirnya bisa liat burung kakak tua dan burung hantu favoritnya. Sempet ngejar-ngejarin burung yang berkeliaran di taman dan sempet kasi makan ikan dan angsa di danaunya sampe mau disosor :D. Disana juga ada burung pelikan yang sekarang udah gak bikin dia takut lagi. Soalnya dirumah ada boneka burung pelikan dan dia selalu takut buat nyentuhnya.  Akhirnya sekarang dia bisa bilang “burung pelikan baik kok!”

13456_179795010744_754130744_3004680_5927649_n

13456_179795015744_754130744_3004681_992993_n

  • Alma mulai Sekolah – 8 December 2009

Setelah hunting dan trial di beberapa sekolah akhirnya kami  memutuskan untuk menyekolahkan Alma di TPA Makara Fakultas Psikologi UI. Keren kan tuh kecil-kecil udah masuk kampus, UI pulak, moga-moga nanti kuliahnya juga dapet di UI deh, amiiiin…Laporan kegiatan di hari pertama sekolahnya udah pernah gue share di postingan sebelumnya. Sekarang Alma udah ikut sebanyak 7 X pertemuan dalam 1,5 bulan ini minus 1 X absen karena waktu itu macet banget depan rumah sampe gak gerak.

5x pertemuan pertama masih ditemenin sama mbaknya, awal-awal masih suka nangis kalo gak ngeliat mbaknya di sampingnya, karena emang si mbak tuh dari pertama alma sekolah sama gurunya disuruh ngumpet aja diruang tunggu, dan suka dipanggil kalo alma nangis (konsep TPA Makara emang anak tidak ditunggu oleh keluarga). Soal tidur siang juga gitu, awal-awal masih suka gak mau, kadang mau tapi hanya ½ – 1 jam aja. Belum mau ikutan circle time, gak  mau ikut ngedengerin cerita, dan kadang-kadang masih suka keluar kelas dan maen sendiri. Tapi alma mau makan sendiri walopun porsinya menurut laporan cuma habis setengah, dan menaruh piring di meja piring kotor, mau menjawab pertanyaan cofas tetang warna, nama binatang, dan pelajaran lainnya dan sudah mengenal nama teman-temannya. Mau ikut kegiatan mewarnai, menempel dll.

Alhamdulillah makin kesini banyak kemajuan, di pertemuan ketiga pada bagian aspek sosial emosi tertulis “intensitas alma bertanya ‘mba dwi dimana?’ sudah berkurang dan alma juga jarang menangis”. So, it’s time for us to let her alone at school only with her teachers and friends. Gue pikir toh selama ini juga biar kata mbaknya selalu ikut tapi si mbak gak pernah berada di deket alma, jadi kan sama ajalah. Hari pertama ditinggal sendirian, saat ayahnya mau pergi, alma  megangin kaki ayahnya kenceng banget dan nangis meraung-raung (duh kaciaaan). Cuma apa boleh buat, si ayah kan harus kerja dan kita musti tega deh, akhirnya ya ditinggal aja dengan paksa. Siangnya gue cek lewat telpon, cofas bilang alma cuma nangis sebentar pas ayah pergi, setelahnya udah hepi and enjoy main-main – sukurlah. Dan surprise banget begitu sampe rumah dan baca buku laporannya semuanya bagus terutama adalah (yang highlight) udah mau mengikuti gerak lagu di circle time dan kegiatan di dalam kelas, mau mendengarkan cerita cofas, mendengarkan cerita teman-temannya tentang sepeda, mendengarkan penjelasan mengenai profesi dokter dan petani, dan ikut bernyanyi lagu baru.

So far kalo urusan sekolah Alma masih harus dipaksa. Masih suka mogok bilang “ndak mau cekolah”. Contohnya kalo di jalan dan dia tau itu mengarah ke sekolahnya (biasanya pas di puteran UI) pasti dia langsung komen “ayah, alma gak mau cekolah, ini mau kerumah oma kan?” dan kemaren waktu kita mau pergi ke JCC pas lewatin puteran UI dia kira mau ke sekolah dia langsung bilang “ini mau ke cekolah alma ya?” dan kita berdua kompak bilang “iya” serta merta mukanya langsung berubah sediiiiiiih banget, dan akhirnya nangis. Gak sangka ternyata alma masih takut untuk sekolah, jadi gak tau deh nih niat nambahin jadwalnya seminggu 2X (instead of cuma sekali) apa harus dipikir ulang lagi ya? soalnya gue gak mau dia trauma sekolah nantinya. Padahal kalo di laporan buku penghubungnya kayaknya dia enjoy banget. Tapi katanya justru kalo di persering mungkin adaptasinya jadi lebih cepet ya…

Waktu kedua kalinya ditinggal sendirian selasa kemaren kebetulan gue ikut juga nganter alma ke sekolah sama ayahnya. Masih nangis begitu kami tinggal, tapi pas liat ada tantenya (adek gue) yang nganterin Fadlan, ponakan gue yang sekolah disitu juga dia langsung diem, mungkin merasa save kali ya karena ada orang yang dia kenal, padahal sih setelah itu adek gue juga ngabur, hehehe…dan Alhamdulillah lagi-lagi pas dirumah baca laporannya kegiatannya hari itu bagus semua, kecuali masih belum mau tidur siang, hahahha…

Gue pribadi bukan tipe ibu yang selalu mengabulkan keinginan anak, terutama soal kemandirian, jadi kalo alma mewek gak mau sekolah, emang sih gue ngeliatnya kasian, gue masih meraba-raba apakah alma gak enjoy ataukah dia bosen seharian disana atau dia merasa sendirian aja?? Kalo ditanya sih jawabnya selalu “takut” entah  takut sama apa. Dan gue gak mau luluh, justru kalo diturutin kapan dia bisa bonding sama lingkungan barunya, kapan dia bisa mandiri? Toh selama laporannya bagus gak ada yang perlu di khawatirkan. Bukannya gue mau memaksakan diri ya tapi ini lebih kepada membiasakan diri si anak aja. Justru gue malah melihat banyak sekali kemajuan sejak alma sekolah. Gue selalu menunggu saat-saat pulang kantor hari selasa karena gak sabar baca buku laporan sekolahnya, suka senyum-senyum sendiri sama apa yang ditulis disana kayak:

  • menceritakan tahun baru meniup terompet yang pendek
  • alma memanggil semua teman laki-laki dengan ‘sabil’
  • lari-lari di halaman mengejar capung
  • saat cleaning service membereskan piring kotor makan siang, alma bercerita “piring alma dicuci sama om”
  • Begitu sampai dibawah dan melihat fadlan tidur, alma membangunkan fadlan “bang adan bangun!”
  • dll

Well, walopun di lingkungan rumah alma juga banyak teman tapi so far gue merasa menyekolahkan alma di usianya saat ini sudah tepat. Untuk perkembangan alma yang lainnya nanti di tulis tersendiri ya dibawah.

  • Ultah Ayahnya Alma – 29 November 2009

cake-ayah1

cake-ayah-2

Ini pas ultah ayahnya alma yang ke 32 tahun kemaren. Udah basi banget  ya ultahnya udah lewat 2 bulan padahal. Trus kenapa mau dibahas? Ya soalnya mau pejeng kuenya, hahahah… Anyway, akhirnya ada juga momen dimana bisa pesen kue figurin favoritnya alma. Biar kata yang ultah ayahnya tetep ya kuenya mah temanya anak-anak. Kuenya pesen di Mba Ria – Chocoloveid hasil rekomendasi dari Motik. Pake red velvet cake dan hiasan butter cream dan figurin. Tadinya sih mau pake figurin kue teletubies tapi pas dipikir-pikir kok udah pasaran banget ya… akhirnya muncullah ide pesen kue the cuddlies (mau in the night garden tapi udah keduluan Motik). The cuddlies ini acara tv favoritnya alma sejak umurnya dibawah 1 tahun dan sampe sekarang dia masih suka banget ngeliat dodo, uh oh, yum2 dan tickles ini. Gue pesen ini karena gue liat belum pernah ada tuh bakul kue yang bikin tokoh ini…tapi karena gue pengen banget boneka favoritnya alma mejeng jadi sekalian deh tambah 1 figurin lagi ‘si guguk’. Hasilnya?? Mirip banget! Top banget deh mba ria ini, kuenya juga endaaaaang…  Alma seneng banget sampe bilang “dodo maen kerumah ama” hahahha…ayahnya juga seneng karena dapet surprise kue walopun maap-maap gak ngasi kado apa-apa :)

  • About Me, My Job and The House

Hari-hari gue di kantor berjalan cukup lancar walopun sibuk (haaa… kayak ada yang mo tau aja). Di kantor kerjaan makin bertambah, tanggung jawab makin bertambah, diberikan kepercayaan dan kewenangan yang lebih besar sama si bos. Ngurusin segala hal sendirian untuk urusan departemen, yah pokoknya begitulah. Kadang gue sedikit terbebani juga sih hanya karena gue merasa gak mampu aja, tapi begitu dijalanin ternyata not that hard kok. Lumayan enjoy sama kerjaan gue sekarang walopun cukup melelahkan otak dan badan apalagi sekarang pulang pergi ngantor gue kudu nyetir karena udah gak ada jemputan lagi, dan gue kudu les juga di wallstreet. Hiks! Dirumah… Alhamdulillah masih bisa me time, cuma belakangan agak malas masak, hahahah itu ochantiques kitchen udah lama banget gak ada updatenya. Biasanya sih kalo masak pun pasti minta si mbak rajangin dulu semua, baru udah ready bahan-bahannya gue tinggal campur-campur aja.

Soal rumah…7 bulan setelah tinggal dirumah sendiri, baru ketauan tuh problemnya. Ya bocorlah, ya retak lah (gak banyak sih ini), ya gosip-gosip seputar tetangga. Kalo gue pribadi sih lebih banyak diem aja deh, gak mau komen soal pembantu orang or urusan lainnya.  Isi rumah so far belum ada kemajuan nih, furniture masih gitu-gitu aja, padahal dah gak sabar mo ngisi ruang tamu tapiiii…kayaknya kudu ngalah dulu nih soalnya pengen banget bisa liburan tahun ini. Well gak taulah liat aja nanti. Nah gue sekarang nih lagi BT banget soalnya taman depan rumah kami kedatangan hama ulat dan belalang, mana banyak banget deh sampe geli ngeliatnya. Jadi itu tetangga kan rumahnya kosong ya, rumputnya udah tinggi banget, sampe gue kudu ngongkosin tukang sampah buat bersihinnya. Jadi kayaknya hama-hama itu pada pindah kerumah gue. Irish jadi bolong-bolong di makan belalang, Taiwan juga dihinggapin ulet bulu, hiiiyy…pengen semprot pestisida nih teman-teman ada saran lain gak?

Taman Depan

taman-depan-rumah

Taman Belakang

taman-belakang-2

Taman kami nih emang udah gembur banget, udah hijau, udah berbunga, pokoknya seneng banget deh ngeliatnya. Tapi sekaligus juga jadi repot sih, soalnya kalo wiken gue kudu mangkasin yang udah gondrong takut nanti jadi semak-semak.

Update Alma 2 Tahun 4 Bulan

Ok sekarang update soal alma nih, udah lama banget gak pernah cerita soal alma lepas dia 2 tahun.

alma-2-thn-4-bulanAlma sekarang udah makin pinter. Udah bisa nyebut namanya sendiri dengan benar (‘alma’ gak ‘ama’ lagi). Huruf R nya udah jelas tapi S diawal masih suka C. Komunikasi gak usah ditanya deh udah lancar banget. Udah bisa ngobrol sama teman-temannya udah bisa cerita kejadian yang dia liat dan pastinya udah bisa ‘ngeles’ dan ‘ngambek’ loh. Bawel banget nih tiap aktivitas bundanya ditanya terus “bunda udah mandi? Bunda mau kerja ya? bunda mau kemana? Alma ikut doooonk”. Kadang suka ngetes bundanya juga nih misal dia tanya “bunda ini warna apa?” bunda bilang “merah” dia akan puji “beneeeer… bunda pinteeeeer deh” Hahaha…dia tuh ngikutin aja deh apa yang kita omongin jadi udah kayak orang gede aja. Udah bisa boong juga, kalo bangun pagi buta minta keluar bilangnya dia mau pipis padahal sih dia mau nonton tv. Koleksi lagi-lagu yang bisa dia nyanyiin semakin banyak, kalo nyanyi juga lantang dan baca doa bobok udah mulai bisa sedikit-sedikit. Alma juga mulai menunjukkan ketertarikannya akan sholat: “bunda, alma mau belajar colat”, juga udah bisa membedakan mana kanan dan mana kiri. Kalo dikasi pertanyaan pilihan kadang bisa jawab tapi kadang juga masih bingung. “Alma perempuan apa laki-laki?” Jawabnya “laki-laki” hehehe…

Alma toilet trainingnya udah setengah berhasil. Kenapa masih setengah? Karena malem masih dipakein diaper (bundanya masih belum rela kalo spring bed nya dipipisin sementara males bangun 2 jam sekali :D). Kalo siang menjelang malam dia sama sekali gak pake diaper karena Alma udah bisa bilang kapan dia mau pipis, sampe disuruh tahan pipisnya dia juga bisa. Kalo mau pipis biasanya dia bilang “alma mau pipis” dan buka celananya sendiri trus lari ke kamar mandi dan nongkrong, hahaha…kalo pup emang sih kadang masih suka bablas tapi yah udah mulai jarang lah. Mandi dan sikat gigi dari bayi gak pernah malas…Alhamdulillah banget ya punya anak kok rasanya mudah banget ngurusinnya…

Alma  sampai saat ini tidak ada kesulitan makan, porsi makan juga tambah banyak dan udah bisa makan sendiri dengan benar. Jadi biasanya dia makan sendiri ½ porsi abis itu kalo udah mulai bosen sisanya baru disuapin. Pernah baru kelar 10 menit makan masa dia udah minta makan lagi?? Weleh yang ada bundanya yang nolak-nolakin, hahahah…minum susu masih sekitar 4 botol @200 ml tapi gue udah gak terlalu mewajibkan banget. Jadi kadang kalo berkurang 1 botol or sehari hanya 2 botol saja it’s fine with me. Kok botol? Emang masih ngedot??? Iya dooonk, hahahha…halah bangga bener!. Masih belum tega ngelepasin alma dari botol, mungkin ntar aja deh lepas 2,5 tahun. Kalo pergi-pergi sih emang selau pake UHT ultra kotak ato susu yes or calpico (dia seneng banget) nah kalo ini dia mau pake sedotan, tapi kalo dirumah karena sambil tiduran pasti mintanya botol. Sebenernya alma udah mau minum pake gelas (bukan sedotan) tapi ya itu kudu sabar dan dilliatin terus karena takutnya dimaenin doank or tumpah, biasanya kalo wiken ada bundanya alma pasti minum susu pake gelas. Soal BB, udah gak pernah nimbang sih, tapi rasanya udah 14 kg dan makin tinggi aja nih, pada bilang bongsor, dan pastinya makin keriwil sodara-sodara….hehehe…

So far alma sehat-sehat aja, lagi batpil sih tapi gak pake demam. Lepas 2 tahun ini udah jarang sakit, malah gue merasa alma sedang berada pada tahap yang fit banget, biasanya kalopun batpil itu karena faktor cuaca aja (turunan alergi ayahnya), dan tidak menggangu kegiatannya sehari-hari.

Celotehnya banyak yang lucu, misal:

“Bunda, alma pake jepitan nih, cantik kan?”
“Mbak, alma pinter, cucunya abis!”
“Bunda didepan nyetir ya, awas ada pak polici, nanti alma ditangkep, hiiii…alma dibelakang aja ya” (kalo pas jalan berduaan sama bunda di mobil)
“Alma mau dirumah aja, alma gak mau ikut jalan-jalan” (kalo lagi ngambek sambil mulutnya moyong2)
“Wow, bajunya bagus cekali” (abis dibeliin baju sama ayah)
“Alma ndak mau yang itu, alma ndak cuka!” (Kalo dia gak suka disi barang yg dia gak mau)
“Ayah jangan deket-deket, alma marah nih!”

Dan masih banyak lagi yang lain yang menyenangkan dari diri Alma. Usia segini tuh emang lagi pinter-pinternya ya…rasanya hampir segalanya dia tau yang ada di dunianya.

Cats: Almathea Valezka,It's Me

20 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL