Alma 2 Years 8 Months 3 Weeks

June 14, 2010 • 11:10 pm

2-tahun-8-bulanSejak lewat 2 tahun umurnya, rasanya udah gak pernah update perkembangan almathea. Tak terasa sekarang usianya mulai mendekati 3 tahun. Waktu cepet sekali berlalu…kamu semakin besar nak…

Alhamdulillah sampai pada umurnya ini kami terus diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam mengasuhnya. Bahkan Alma tumbuh menjadi anak yang ‘beyond our expectation’ dalam perkembangannya. Entah semua kemampuan yang dia miliki saat ini memang sesuai dengan umurnya ataukah melebihi tapi yang pasti kami sangat yakin bahwa Alma tidak pernah memiliki keterlambatan dalam perkembangannya.

So apa saja highlight perkembangan alma yang baru? (maksudnya sejak 8 bulan yang lalu yak, hehehe…)

Sejak 2 tahun 4 bulan resmi lepas botol dan diaper malam hari. Dulu nargetin 2 hal ini setelah alma lewat 2,5 tahun, Alhamdulillah lebih cepet 2 bulan udah tercapai. Dan alhamdulillahnya lagi gak sesulit yang gue bayangkan, padahal kalo dipikir-pikir gue tuh gak pernah secara serius kasi toilet training ke alma trus juga jarang deh kasi susu pake sedotan/gelas selama dirumah kecuali  kalo pas jalan. Akhirnya ya nge-ultimatum diri sendiri deh: ini udah waktunya, harus sabar dan jangan menyerah. Kalo ditunda terus nanti malah semakin susah lepasnya…

Hari-hari pertama minum susu tanpa botol sama sekali, masih lama banget ngabisinnya, masih suka dimaenin doank, bahkan pernah ditumpahin segala susunya. Masih suka mewek minta botol tapi untungnya gak pernah ngamuk begitu dikasi pengertian. Dan setelah itu minum susu di botol mag2 pigeonnya makin lancar dan terbiasa sampe udah gak inget botol lagi. Kalo sekarang bahkan udah gak perlu di motivasi lagi, sodorin gelas, gak lama dia bilang “udah abis nih alma pinter” langsung tarok sendiri ke tempat cucian piring.

Sementara soal diaper, seminggu pertama lepas diaper malam, diluar dugaan alma sama sekali gak ngompol. Setelahnya emang ada 2-3 kali bablas tapi itu juga karena gak pipis sebelum tidur karena udah keburu ngantuk. Dan sejak itu sampe sekarang sama sekali gak pernah ngompol malam hari, malah kalo mau pipis dia bangun trus minta ke toilet. Pokoknya spring bed udah aman deh. Tapi sayangnya kalo pup masih bermasalah, sampe sekarang masih aja di celana padahal udah dikasi tau berkali-kali tapi entah kenapa kok kayaknya gak mudeng-mudeng :) Alma kalo ke sekolah gak eprnah pake diaper dan kalo pergi pun udah jarang banget dipakein diaper, kecuali kalo dia belum pup ya, dan kalo perjalanan panjang aja. Kalo mau pipis dalam perjalanan pun disuruh tahan sebentar sampe nemu toilet, dia bisa :)

Kalau bicara jangan tanya deh dari sejak masuk 2 tahun udah lancar, jadi sekarang udah kayak orang gede aja. Pengucapan bener-bener jelas dan gak cadel sama sekali. R udah jelas banget! Alhamdulillah dari sejak ngomong kayaknya Alma emang gak pernah cadel dan gak pake bahasa bayi terlalu lama. Akal pikirannya juga semakin meningkat…bisa menyambungkan 1 hal dengan hal lain layaknya orang dewasa, pengetahuan soal sekitarnya udah seperti anak 5 tahun. Pertanyaannya juga udah mulai kritis, kalo ada sesuatu yang menarik buat dia pasti ditanya, atau sesuatu yang dia bingung kenapa kok begitu, dia pasti tanya. Seperti kemaren pas ayahnya lagi sholat di musholla margo city depok, kan memang tempat muslim dan muslimah dibagi menjadi ruang kanan dan kiri…tiba-tiba dia nanya: “bunda, kenapa ayah sholatnya gak disitu’ (tempat perempuan).  Trus bunda bilang “karena ayah laki-laki jadi ayah sholatnya di tempat laki-laki soalnya kalo sholat, laki-laki dan perempuan tidak boleh campur”. Selang beberapa menit dia ngomong sendiri sambil nunjuk “yang itu tempat laki-laki yang itu tempat perempuan, gak boleh campur ya sholatnya”. Cepet banget deh nangkepnya dan memorynya emang dari bayi sangat kuat. Pernah juga dia bertanya “bunda gede, ayah gede, mbak gede, kok alma kecil sih?” hahahah…jadi sekarang bundanya nih harus selalu siap dengan pertanyaan-pertanyaannya yang pengen tau segalanya.

Kalo udah ngobrol sama alma suka geli sendiri, karena komentarnya selalu aja lucu misalnya waktu itu gue bilang “bunda belum mamam nih alma”, dijawab sama alma “bunda mamam dulu gih nanti perutnya bunyi klucuk-klucuk loh”. Wakakakka gue sampe ketawa ngakak dengernya soalnya jujur gue gak pernah ngajarin dan baru pertama kali itu gue dengernya. Yang lainnya…saat bundanya belanja entah dimana aja, dia udah mulai suka ikut-ikutan nanya “mba, ini harganya berapa?” hihihi…

Pernah juga ngobrol sama ayahnya nanya foto kawinan ayah bundanya

+ “ini ayah sama bunda…ayah kok pake topi ” (peci)
–   “iya ini waktu ayah sama bunda nikah…kok alma gak ada disini ya”
+  “gak ada, tapi alma waktu itu dateng kok ”

wakakakakka…….

Atau komentar-komentar yang kadang bikin terharu seperti percakapan Alma dan bunda dibawah ini:

+ “Alma kan udah gede, jadi alma boboknya dikamar alma sendiri ya, berani gak?”
– “Gak berani, alma takut bunda”
+ “kok takut, harus berani donk, kan alma udah besar”
– “Alma mau boboknya sama bunda aja”
+ “Bunda kan boboknya sama ayah, kalo alma sendiri aja yah”
– (sambil pake muka sedih mau nangis) “jangan tinggalin alma bundaaaa…”

Ada lagi yang lain…kalo bunda pura-pura nangis, alma suka deketin dan bilang “donkrai (don’t cry) bunda”‘, sambil elus kepala bunda. Atau kalo ayah or bundanya marah dia pasti tanya “bunda marah ya? bunda gak marah kan sama alma?” kalodibilang marah dia langsung pasang muka sedih trus mojok sambil bikin isakan tangis :D

Trus suka banget absenin bundanya “bunda udah mandi? bunda mandi dulu giiiih, bunda udah ganti baju, bunda udah masak?” etc….etc…

Kadang dia suka celoteh sendiri bilang “kalo bulan kan malam hari ya, kalo matahari siang hari. Kalo malam berarti udah waktunya bobok lagi”. Dan sekarang kalo bangun pagi duluan dia bangunin bundanya bilang “bunda ayo bangun ini udah pagi”  :)

Lagu-lagu dia udah tau banyak… suka banget senandung sendiri, pokoknya berkicau terus deh, pernah waktu itu gue cuti karena pengen istirahat aja dirumah, trus gue antara setengah sadar dari pagi sampe pas zuhur gue baru bangun rasanya sepanjang hari itu dengerin celotehnya alma aja yang gak ada berentinya sambil maen sama mbaknya…heran banget nih anak kok bener-bener gak ada matinya ya…

Kalo foto sekarang udah bisa gaya, dan udah mau disuruh-suruh misalnya tangan dipinggang or tangan di pipi, udah mau disuruh senyum or ketawa tapi masih susah kalo disuruh liat kamera. Malahan sekarang nih alma yang suka minta difoto, dan kecentilan minta difoto di tempat-tempat yang beda “bunda sekarang disini…ayo sekarang disitu” waelaaaha ini sih turunan bundanya banget, wkakakka….tapi alma juga suka banget moto, kalo liat kamera langsung disamber trus dia jepret-jepret sendiri bilang “bunda ayo senyum, alma foto… sama banget sama bundaya yang suka moto dan difoto :)

giant-playground

Trus sekarang lagi udah ngerti banget kalo anak cewek itu warnanya pink, jadi kalo minta apa-apa pasti pake embel2 warna pink “bunda alma mau donk dibeliin leptop warna pink…bunda alma mau sepeda tapi warna pink aja…bunda mau itu yang warna pink…ini warna pink…” weleeeeh….pokoknya udah bisa minta-minta deh…

Soal sekolah lancar-lancar aja dan kelihatan sekali perkembangannya. Alma gak penah mogok sekolah, malahan belakangan ini minta sekolah mulu. Belum pas harinya udah bilang “bunda, alma mau sekolah”. Kalo baca laporan sekolahnya lucu-lucu dan amaze….kemaren waktu dia belajar bagaimana bisa terjadi gunung berapi, saat evaluasi, alma bisa menyebutkan bahwa gunung meletus mengeluarkan lavar yang berwarna merah. Alma juga udah mulai mau bergantian bermain bersama teman-temannya dan meminta izin kalo pinjam sesuatu.

Dan sejak sekolah kemandiriannya juga terbentuk, seperti waktu ada outing ke Museum Transportasi di Taman Mini sama sekolahnya, bundanya pengen banget ngintilin. So akhirnya ngikutin konvoi di belakang bisnya anak-anak TPA Makara. Sampe di lokasi, bundanya sih gak langsung nyamperin, tapi ilang muncul-ilang muncul kadang deketin juga. Dan alma tau bundanya ada disitu tapi dia tetep ikut bersama rombongan. Saat makan siang, saat tur liat macem-macem transportasi, sama sekali gak yang manja pengen sama bundanya. Malah pas bundanya pamit pulang dia dadah-dadahan aja. Bersukur banget deh punya anak yang gampang banget gini ngurusnya…

Soal makan juga dari bayi sampe sekarang gak pernah susah, gak perlu pake ngamen-ngamen or diajak jalan-jalan kesana kemari. Disodorin sendok juga udah pasti mangap. Terakhir nimbang sih BB nya udah 16 kg, kalo sekarang gau tau ya udah nambah apa belum…Soal sikat gigi juga udah bisa sendiri loh…untuk bagian depan dia udah bisa nyikat dengan sempurna tapi kalo bagian dalem masih perlu bantuan. Dan Alma suka banget sikat gigi jadi gak susah nyuruhnya untuk yang satu ini. Kalo buka celana dan baju udah bisa sendiri tapi kalo makenya masih perlu bantuan. Sementara kalo pipis udah bisa cebok dan siram sendiri…luamyan ngeringanin beban bundanya, walopun ya harus di cebok ulang lagi sih takut gak bersih soalnya…

Sebulan yang lalu bundanya beliin mukena buat alma…kami sih gak maksa alma untuk bisa sholat dalam waktu dekat tapi paling gak pengenalan aja. Awalnya dia masih gak mau pake mukena dan ngikutin sholat tapi belakangan ini kalo liat ayah or bundanya sholat dia pasti ikut…masih pecicilan sih kesana kemari tapi sesekali dia ngikutin gerakan-gerakan sholat dan seneng banget pake mukena… kalo soal doa dia baru bisa baca doa mau tidur aja…Alhamdulillah…

alma-sholat1

Apalagi yang lain? banyak sekali hal yang Alma tau yang kalo diceritain disini bakal banyaaaakkk banget….tapi ada 1 yang bikin gue surprise pas kemaren bundanya lagi makan tiba-tiba alma tanya “bunda gak puasa ya?”.  Selama ini kita belum pernah ngajarin apa itu istilah puasa, entah dia dapet dari sekolah atau diajarin mbaknya mungkin.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu alma sempet sering ditinggal bundanya tugas kantor. 6 hari ke kaltim dan 4 hari ke singapore hanya dalam selang waktu 2 minggu. Masih ada 2 trip lagi tahun ini dan rencana sekitar 4-5  trip taun depan. Sedih juga sih ya, tapi lagi-lagi alhamdulillah alma fine-fine aja sama mbaknya dan ayahnya, sesekali oma, tante dan eyang juga datang. Biasanya kalo mau pergi beberapa hari sebelumnya bundanya udah bilang kalo mau kerja dan gak pulang dalam beberapa waktu, jadi mungkin dia ngerti, jadi pas ditelpon dia bisa jawab “bunda lagi kerja ya di kalimantan” dan pas bundanya pulang jadi manja banget, kangen berat kayaknya, hehehe…

Dan betapa ya anak umur segini bener-bener udah sangat mengerti segalanya. Udah bisa nge-les kalo dikasi tau, udah bisa jawab semua pertanyaan yang diajukan, udah bertanya hal-hal yang diluar dugaan kita, dan bisa memberikan celetukan-celetukan yang cerdas. Udah bisa pura-pura juga loh…alma sekarang lagi suka banget pura-pura nangis, hahahha….Alhamdulillah sampai saat ini sih alma belum kena ‘terrible two’ or tantrum..walopun emang kadang kalo dikasi tau suka gak mau dibilangin tapi gak pernah sampe yang parah banget ngambeknya. Malahan gue sangat bersukur bawah alma anak yang cukup penurut, pengertian dan gak banyak permintaan. Soal maenan pun ditawarin  yang mahal malah pilihnya yang murah. Betapa seorang anak itu tidak pernah menuntut sesuatu yang berlebihan, istilah kata, kertas aja bisa jadi maenan buat dia…

Semoga alma selalu tumbuh menjadi anak yang cerdas dan membanggakan ayah bunda ya nak…Amiiin…

Cats: Almathea Valezka

8 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL