Laporan Evaluasi TPAM Cawu II 2010

July 4, 2010 • 11:47 pm

buku

Tanggal 26 Juni lalu kami menghadiri acara laporan evaluasi perkembangan anak di TPAM sekaligus juga pelepasan bagi para siswa yang telah lulus dari sekolah ini.

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya bahwa alma saat ini mengikuti playgroup di Taman Pengembangan Anak (TPA) Makara Fakultas Psikologi UI. Pada saat acara pembukaan, salah seorang pembina, Dr. Fida menyebutkan bahwa TPA Makara memperoleh predikat TPA terbaik se-Jakarta. Gak heran karena anak- anak seperti berada di KIDZANIA versi asli nyata :)

Saya salut banget dengan guru-guru di TPA (yang disebut Cofas – CoFasilitator) yang begitu berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya, menjaga setiap anak didik agar nyaman bersekolah disana, mendidik mereka agar berbudi pekerti yang baik, yang gak kenal lelah dari pagi hingga sore memandu mereka tanpa sekalipun mereka pegang HANDPHONE. Hebat !!!. Mereka yang amat sangat ramah dan menyambut anak-anak dengan wajah riang gembira. Duh, rasanya mau dikasih gift semahal apapun untuk mereka tidak mungkin bisa terbayar semua pengorbanan dan dedikasi mereka selama ini menjaga Alma. (saya kutip ini dari tulisan di blog kakak saya saat keponakan saya lulus-lulusan kemaren karena saya emang sangat setuju dengan statement ini). Disini tidak diajarkan baca-baca doa yang ribet, disini benar-benar diajarkan budi pekerti.

Untuk info mengenai TPA Makara yang  lebih lengkap dan baru saja ditulis oleh kakak saya berisi program dan foto-fotonya silahkan baca link berikut:

http://yuridza.multiply.com/journal/item/1102/TPA_Makara_Psikologi_UI_

dan disini http://yuridza.multiply.com/journal/item/1101/Fadlan_Lulus2an

Pada acara ini ditampilkan foto-foto keseharian kegiatan anak-anak, betapa selama ini kami hanya tahu kegiatan alma melalui buku penghubungnya, jadi ketika melihat foto-foto kegiatannya saat menempel, menggambar, menyiram tanaman, bermain pasir, memberi makan ikan, jalan-jalan lingkungan kampus dan dikenalkan dengan satpam kampus, tukang sapu, bis kuning, kantor pos, bank, dll, juga melihat alma bermain bersama teman-temannya sungguh membuat saya terharu.

hasil-karya-alma

Beberapa hasil karya Alma, ada 34 halaman

Sekolah ini sangat sederhana, anak-anak tidak diharuskan memakai seragam, pada saat lulus-lulusan pun tidak ada panggung besar, acara tari-tari ataupun kostum-kostum mewah, bahkan pada saat pembagian hasil evaluasi kemarin pun semuanya sangat simple,  hasil kreasi anak-anak ditampilkan dalam jilid yang sederhana, justru hal seperti inilah yang diharapkan dari orang tua, anak-anak tidak diajarkan kepada hal-hal yang berlebihan.

musium-transportasi

Foto-foto saat berkunjung ke musium transportasi – TMII

Laporan evaluasi ini menggambarkan aspek perkembangan anak pada periode tertentu yang sifatnya tidak menetap, tergantung dari stimulasi yang diberikan kepada anak dan respons anak yang di evaluasi dari sisi fisik: motorik kasar dan halus, kognitif dan sosial emosi.

Alhamdulillah laporan evaluasi Alma cukup memuaskan. Overall hasil dari seluruh aspek perkembangan mendapat bintang 3, *** = tidak memerlukan bantuan,  namun tetap di arahkan. Seperti:

Aspek Fisik

  • Melempar bola sudah mulai terarah
  • Melompat dengan dua kaki
  • Memanjat vertikal
  • Menaiki anak tangga dengan kaki bergantian
  • Menuruni anak tangga dengan kaki bergantian
  • Mengontrol kecepatan dalam berlari
  • Menendang bola dengan lurus ke depan
  • Mengayuh sepeda roda 3
  • Memakai sepatu yang tidak bertali
  • Berguling diatas matras
  • Menggulirkan bola
  • Menggerakkan anggota tubuh mengikuti irama
  • Menggerakkan kaki dan tangan dalam kolam renang
  • Menggunakan kuas gambar dengan baik
  • Merobek kertas
  • Memegang krayon
  • Menempel kertas

Aspek kognitif

  • Menyebutkan beberapa ciri binatang
  • Menyebut dan menunjuk anggota tubuh
  • Menyebut dan mengenali 3 warna dasar (merang, kuning, biru)
  • Menyebut nama diri dan nama orang tua
  • Menyebut urutan angka antara 1 sampai 4
  • Mengenali bentuk geometri sederhana (lingkaran, segitiga, kotak, layang-layang)
  • Mengenali macam-macam suara
  • Membedakan macam-macam sensasi melalui lidah dan hidung
  • Mengenali waktu: pagi, siang dan malam
  • Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk
  • Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi pada kegiatan sains
  • Mendengarkan cerita dan menceritakannya kembali
  • Menceritakan pengalaman yang dialaminya
  • Bercerita menggunakan kata ganti aku/saya
  • Dapat bercerita tentang gambar yang dibuat sendiri
  • Memahami instruksi sederhana
  • Menjawab pertanyaan dengan susunan kalimat sederhana
  • Menyatakan keinginan dengan kalimat sederhana
  • Bernyanyi lagu hingga selesai sesuai irama
  • Bermain peran sederhana dalam kelompok kecil

Aspek Sosial Emosi

  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Berdoa sebelum memulai kegiatan, misal: makan, tidur
  • Berterima kasih jika mendapatkan sesuatu
  • Menunggu giliran
  • Berbicara dengan suara lembut
  • Cuci tangan sebelum makan
  • Menyiapkan peralatan makan sendiri
  • Menyuap makanan sendiri
  • Dapat mengatakan keinginannya untuk BAK/BAB
  • Membersihkan sendiri setalah BAK
  • Membilas tubuh
  • Memakai sabun dibagian depan
  • Menyimpan pakaian kotor ke dalam loker

Namun above  of all ada juga beberapa hal yang sangat dan masih harus dibantu seperti: membuat bentuk dengan menggunakan plastisin/playdoh, mengenal posisi keterangan tempat (di luar, di dalam, diatas, dibawah, dikiri dan dikanan), mengerjakan maze (mencari jejak sederhana), merapikan kembali mainan, meminta izin menggunakan barang milik orang lain, mau berbagi miliknya, seperti makan dan minuman, meminta maaf, berinteraksi dengan teman mengikuti aturan main dalam kegiatan, mengerjakan tugas sampai selesai, keinginan berkompetisi dengan teman, makan duduk dengan tenang, merapikan peralatan makan setelah selesai makan, sikat gigi setelah makan dan  dan melepas/memakai baju tanpa kancing

Sebenernya ada beberapa hal tersebut diatas yang sudah dikerjakan alma dirumah, seperti sudah bisa sikat gigi sendiri, selalu menarok piring kotor ditempat cucian piring bahkan belakangan ini dia sering kali minta maaf kalau dia salah, tapi mungkin kadang kondisi lingkungan juga mempengaruhi ya mungkin aja kalo disekolah dia lebih manja karena banyak yang membantu.

Sementara untuk laporan tumbuh kembangnya:

Status Gizi

BB:15 kg (gak tau ini ditimbang per kapan, karena rasanya sih sekarang udah 16 kg),
TB: 96 cm
LK: 48 cm
BB/TB: 100%
Kesan: Gizi baik

Pertumbuhan

Kesan: pertumbuhan normal
Anjuran: pengukuran BB, TB, LK periodik, minimal setiap 3 bulan

Perkembangan

Motorik kasar: normal
Bahasa: normal
Motorik halus: normal
Personal sosial: normal
Kesan: Normal
Anjuran: Evaluasi berkala tiap 3 bulan

Kami sungguh puas dengan pendidikan yang diberikan oleh TPA Makara, terima kasih buat seluruh cofas,  Alma tumbuh menjadi anak yang mandiri, berbudi pekerti yang baik walaupun masih memiliki ego yang tinggi :)

Pendidikan Alma masih berlanjut sekitar 1 tahun lagi disini, wah sepertinya udah saatnya nih cari-cari info untuk sekolah lanjutannya :)

Cats: Almathea Valezka

3 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL