Alma 3 Years

September 28, 2010 • 11:43 pm

alma-3-yearsSetelah 2 bulan gak ngeblog akhirnya daku kembali….hehehhe kayaknya ini ‘hiatus’ gue paling lama ya, keterlaluan emang…maklum deh lagi kerja keras banget di Oriflame supaya gak terus-terusan kerja kantoran dan punya waktu yang banyak buat Alma. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, dan gue enjoy banget karena bisnis ini sungguh sangat dapat diandalkan, dan someday akan gue wariskan untuk Alma, amiin…

Speaking about Alma, yang pasti gue gak mungkin melewatkan cerita ulang tahunnya yang ke-3, setelah postingan yang ini, nanti akan gue posting secara terpisah tentang perayaan ultah alma di sekolahnya, tapi kali ini gue mau bahas tentang perkembangan alma dulu.

Apa yang baru dari alma??? Buanyaaaak bangeet!! Seperti yang pernah gue bahas sebelumnya bahwa Alma tumbuh menjadi anak yang “beyond our expectation” dan ternyata memang inilah umur keemasannya, dimana semua hal dapat ditangkap dengan baik disertai dengan daya ingat yang sangat tinggi.

Rasanya gue bingung mau mulai dari mana, karena hampir segala hal dia ketahui. Cara berpikir sudah seperti orang dewasa, udah bisa nge-les, cari alesan, tau arti sebab-akibat, tau jalan, tau kegunaan benda-benda yang awam sekalipun, udah bisa ngambek kayak orang gede, aduuuh pokoknya udah bener-bener kayak kita orang dewasa lah.

Banyak hal yang bikin kami sebagai ayah bundanya surprise atas apa yang dia ingat atau lakukan. Contohnya Alma bisa inget kejadian di jalan yang udah lama banget gak kita lewati, pernah kita lewat jalan arah ke pondok Indah yang disitu biasanya suka ada tukang monyet mangkal di pinggiran, waktu kita lewat situ dia tiba-tiba bilang “bunda kok monyetnya gak ada ya?” Atau beberapa waktu yang lalu kami mengajak Alma ke Plaza Senayan yang padahal entah kapan terakhir kali bawa Alma kesitu, tiba-tiba pas liat jam besar yang ada lagunya itu dia komen “Bunda kok jamnya gak nyanyi sih?”

3thnSuatu hari dalam perjalanan pulang dari PIM, dimobil sepupunya ada TV, dan Alma nonton satu film baru yang belum pernah dia tonton sebelumnya yaitu “Backyardigan”. Dia seneng banget sama film itu, pas pulang nanya-nanyain terus dan gue pun nyari-nyariin VCD nya belum nemu. Beberapa minggu yang lalu kami diajak dinner oleh Om nya alma di Grand Indonesia. Di tengah-tengah makan malam alma diajak jalan-jalan berdua aja sama Om-nya ini, ternyata dia ajak ke Disc Tara. Begitu kembali ke restoran betapa kagetnya gue tiba-tiba dia nunjukkin “Bunda alma beli VCD ini” yang ternyata adalah “backyardigan”. Kok dia bisa dapet? Kok dia bisa inget cuma sekali nonton doank, yang pasti dia gak bisa baca judulnya, tapi dia bisa inget karakter-karakter yang ada di film itu. Dan waktu gue tanya sama omnya, katanya “gak tau tuh alma milih sendiri kok filmnya, katanya dia mau yang itu, aku mah mana tau itu film apaan”. Yang tau soal Backyardigan ini hanya gue dan Alma aja, makanya cukup surprise pas liat dia tiba-tiba bisa milih sendiri di rak VCD dan nyebut: “om alma mau VCD ‘digan’ ini”

Masih banyak hal-hal lainnya yang dia mengerti seperti, Alma sangat tau banget pernak pernik bisnis Oriflame bundanya. Mulai dari produknya, katalognya, flyernya, dan segala literature oriflame. Gue sama sekali gak pernah ngajarin dia soal ini, tapi kalo dia ubek-ubek tas gue dia pasti komen “ini orifem bunda nih” yang padahal itu flyer yg baru banget di realease dan gak pernah gue kasitau sekalipun itu apa. Trus dia juga sukan ingetin “bunda udah beli katalog?” Alhamdulillah Alma udah mengerti bisnis bunda ya nak, karena semua ini bunda lakukan untuk kamu supaya bunda bisa ajak alma jalan-jalan ke tempat yang bahkan tidak terbayangkan oleh orang lain… Amiiin…

Nah karena perkembangan otak dan daya ingatnya yang sangat pesat ini, maka gue sudah mulai mencoba berkomunikasi pakai bahasa inggris dengan Alma. Sebelumnya udah cukup banyak istilah bahasa inggris yang alma kenal, seperti nama-nama binatang, buah, warna dan ucapan-ucapan seperti good morning, how are you, bye-bye, see you dan yang simple-simple lainnya. Belakangan gue coba dengan bentuk kalimat yang cukup panjang tapi setelahnya langsung gue artikan apa itu. Dan setiap kali bundanya ngomong pake bahasa inggris alma selalu respon dengan bahasa planet gak jelas seolah-olah pake bahasa inggris juga, hahaha….tapi yang paling gue seneng adalah momen itu selalu dia gunakan untuk bertanya “bunda, tangan apa? Kaki apa? Idung apa? gunung apa? parkir apa? bunga apa?” dan semuanya dia tanya apa bahasa inggrisnya dan nempel di otaknya :)

Soal lagu-lagu, Alhamdulillah juga Alma udah apal lagu-lagu nasional seperti; Dari sabang sampai merauke, halo-halo bandung, indonesia raya, 17 Agustus dan yang lainnya masih sekenanya. Lagu-lagu ini dia pelajari hanya dari VCD seri khusus lagi nasional denagn karakter anak-anak. Jadi sekarang senandungnya gak jauh-jauh dari lagu-lagi ini, sampe pernah di toilet mol dia nyanyi dari dari sabang sampe merauke dikomentarin sama orang “ya ampun adeknya bisa nyanyi itu, pinter banget” Hahahah… gue emang bisa dibilang hampir gak pernah memperdengarkan lagi-lagu dewasa ke alma kecuali kalo lagi pas nyetir berdua dan dengerin radio tapi juga kayaknya gak secepet dia nangkep lagu-lagu nasional ini. Sebentar lagi nih gue mau cari seri lagu-lagu daerah ah, biar dia kenal juga. Sementara kalo nyanyi tuh kadang dia suka improvisasi sendiri, ya teks nya lah diganti sama kalimat-kalimat ngawur, ada-ada aja deh…

bunda-dan-almaAlma juga udah mengenal huruf-huruf hijaiyah dari VCD, dia bisa dengan jelas banget menebak itu huruf apa ketika diperlihatkan Juz-Ama oleh omanya, dan dia tau beberapa kata bahasa arab seperti jagung itu “suratuun” balon itu “balulun” hanya dari VCD :) So ya bukan berarti ibu bekerja anaknya gak bisa apa-apa, gue berusaha banget memfasilitasi alma dengan tontonan edukasi dan membiarkan dia belajar sendiri dulu, sambil minta tolong orang rumah untuk membimbingnya, rasanya ini gak salah kok :)

Yang lucunya nih sekarang celoteh-celoteh alma:

“bunda, jangan ganggu alma ya, alma lagi sibuk nih” *sambil ngutak ngatik sesuatu* atau kalau disuruh sesuatu dia bilang “gak mau ah alma males”, atau gak tiba-tiba dia bilang “alma lagi bosen nih” hihih…pernah juga kalo disuruh makan dia bilang dia “kan alma udah makan tadi, ntar perut alma penuh loh” hahaha…trus kalo sama temen-temennya juga sering menyapa. Lucu banget kalo dengerin dia ngobrol sama temen-temenya. Pernah suatu pagi temannya depan rumah mau pergi, alma tanya “kalian pada mau kemana? alma donk mau ke timezone”. Bisa-bisanya pake kata “kalian”. Kalo mau ngambil maenannya di atas lemari dia bilang “bunda tolong ambilin leptop alma donk, alma gak bisa, terlalu tinggi buat alma”. Wadoooh pokoknya bahasanya udah kayak orang gede banget deeeh…

Kalo ditelpon juga udah fasih banget ngobrolnya, kalo ditelponin ke rumah omanya dia yang angkat sendirian PD banget langsung bilang “Halo bunda….bunda lagi di kantor ya? alma lagi dirumah oma donk, alma maen tongkat-tongkatan nih, bla…bla..bla…bunda kerja di cilandak ya, bunda nanti  jemput alma kan? bla…bla…bla…” pokoknya bawel banget deh cerita ini itu lewat telpon.

Alma juga udah bisa bercerita dengan komplit terhadap suatu kejadian. Contohnya waktu bundanya nyetir berduaan sama alma dan kejadian mobil ditabrak sama motor, gue gak cerita apa-apa soal ini ke eyangnya, gak taunya pas jemput alma kerumah eyangnya, si eyang mengklarifikasi cerita dari alma yang bener-bener persis banget seperti yang terjadi, alma bahkan sampe bilang “mobil alma ditabrak sama motor, trus motornya lari, motornya warna merah, mobil alma penyok, bundanya nangis”. Padahal gak ada yang kasi tau dia motornya warna merah tapi emang bekas cet merah motornya ninggal di body mobil, mungkin dia liat dari situ tapi kok dia bisa langsung nyimpulin kalo motornya merah??

Dan masih banyak lagi kejadian-kejadian yang kami alami dia ceritakan ke orang lain. Di sekolahnya sering banget dia becerita kalo diajak jalan ke timezone, beli baju di margocity, bundanya tugas ke balikpapan, jalan-jalan ke PIM dll. Kalo baca laporan sekolahnya alma, kadang gue suka amaze sama perkataan-perkataan dia. Enaknya sekolahnya alma menyediakan buku penghubung, jadi gue bisa membayangkan kegiatannya di sekolah. Alma sekarang udah mau loh nyanyi sendiri di depan teman-temannya saat circle time; twinkle-twinkle, dari sabang sampai merauke, naik kereta api adalah lagu yang sering alma nyanyikan sendiri. Alma juga udah bisa berbagi baik itu mainan ataupun makanan kepada teman-temannya. Dan tenyata peasaannya pun juga peka. Ada temannya yang penah di ‘timeout’ di pojok kelas lalu alma mendekati dan memberikan mainannya dan berkata “supaya gak sedih”. Hiks terharu bacanya….

Soal perasaan yang peka ini, sebelumnya juga pernah kami saksikan sendiri ketika alma melihat ada anjing kecil yang hujan-hujanan, tiba-tiba dia nangis keras sampe kami bingung, gak taunya dia bilang  “alma kasian liat anjingnya kena ujan”, huhu….jadi ikut-ikutan sedih juga deh ngeliat dia nangis :)

Karena udah banyak tau mol, sekarang udah mulai minta-minta “bunda kita ke citos yuk” atau “ayah, alma mau main timezone donk di margo city”. Nah selain itu juga udah mulai minta-minta beliin segala hal yang berwarna pink “alma mau punya mobil tapi warnanya pink, mau beli leptop warnanya pink ya bunda, mau pake jepitan pink donk, mau baju princess” walaaaah udah bener-bener cewek banget lah…

Trus apa lagi yah??? udah bisa makan sendiri juga dengan cukup rapi, udah bisa sikat gigi sendiri, bisa buka celana sendiri trus pipis sendiri ke kamar mandi dan cebok juga sendiri,….pokoknya banyaaaaak banget deh, gak inget satu2 sikap dan ocehannya apa aja, tapi yang pasti adalah umur segini tuh daya tangkap dan daya ingatnya bagus banget ya, jadi harus dimanfaatkan banget buat kasi sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan yang berguna dan bermanfaat tentunya. Ahamdulillah so far sejak bayi alma anak yang disiplin banget; disiplin bangun pagi, mandi, sekolah, makan sampe tidur malem pun tertib.

Gak susah banget sih nak ngurus kamu, semoga seperti ini terus sampai besar ya..semoga alma juga sehat terus dan makin pinter, amiiiin….

Cats: Almathea Valezka

9 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL