Alma’s 3rd Birthday Celebration

October 9, 2010 • 6:40 am

Tanggal 23 September yang lalu, Alhamdulillah ulang tahun Almathea Valezka kami rayakan di sekolahnya secara sederhana. Ini untuk pertama kalinya kami membuat perayaan ulang tahun alma, kami memang menunggu ketika alma sudah ber-sekolah untuk mengadakan ini, ketika dia cukup mengerti apa itu ulang tahun. Lalu kenapa dirayakan di sekolah? Karena kami mau perayaan yang sederhana saja, yang gak jor-joran dan berlebihan, yang gak merepotkan dari sisi keuangan dan tenaga, yang tidak memaksakan diri dan yang pasti adalah yang penting Alma happy.

Beberapa minggu sebelumnya kami sempat menanyakan alma, mau ultahnya dirayain dimana? Dia sempet jawab “dirumah”. Pengen sih sebenernya ngerayain dirumah dan ngundang temen-temen blogger mom disini, tapi berhubung asisten masih mudik, agak berat kayaknya kalo harus ngurusin sendirian, jadi pas dibilangin di sekolah aja gpp kan ya? Alma ok-ok aja. Kalo ngadaian ultah di sekolah biasanya kan ngambil saat break time, jadi emang acaranya juga gak lama-lama. Cuma tiup lilin, nyanyi, potong kue, makan kue trus udah deh kelar. Ringkes, gak banyak yang dibawa, gak berantakan, yang pasti lebih hemat #irit, hehehe…

Karena alma sekolahnya cuma selasa kamis, jadi undangan udah dititip ke gurunya pada hari selasa untuk di selipkan di buku penghubung teman-temannya. Walopun hari itu katanya cuma ada 9 orang anak yang hadir (dari sekitar 15 orang murid), gak masalah lah semoga aja pas hari H bisa pada masuk semua biar rame.

Untuk keperluan acara ini kami hanya mempersiapkan:

Kue Ulang Tahun Alma

cake-princessSaat ditanya alma maunya kue apa? Dia jawab kue princess. Ditanya ulang mendekati hari H, mau kue apa, tetep jawabnya kue princess. Buat meyakinkan aja takut dia berubah-ubah, maklum kesukaan anak-anak tuh kan banyak, jadi pengen temanya yang bener-bener alma suka. So brosing-brosinglah  dimana bakul kue yang pernah bikin kue princess. Termasuk brosing ke sini nih, Cake Miracle. Sebelumnya gue udah pernah order cake buat Anniversary kantor lewat Mba Peni (ownernya) dan puas. Eh pas browsing-browsing blognya, nemu edible cake princess yang pernah dibuat Mba Peni. Lalu kirim email, cek harga dan cocok ya udah deh gak mau pusing lagi langsung pesen. Gue emang lebih suka pesen cake buttercream dibanding fondan. Fondan emang keren banget sih, tapi pengalaman yang udah-udah, figurinnya itu sayang banget ya buat dimakan heheh, walhasil malah kebuang-buang.

Mau tau gimana rasa Cake Miracle-nya Mba Peni??? Uuuuhhhh…enaaaaaak banget. Kemaren pesen yang rasa coklat dan gak eneg loh. Lapisan coklat di dalemnya juga top banget. Buttercreamnya juga pas rasanya. Bener-bener puas banget! Thank you ya Mba Peni…

Goodie Bag buat teman-teman

goodie-bagKarena bundanya bisnis Oriflame, kenapa engga manfaatin produk untuk anak-anaknya buat dijadiin hadiah? Jarang-jarang kan ya goodie bag isinya produk kebersihan. So guepun akhirnya memilih sikat gigi dan sabun mandi bentuk hippo. Untuk umuran temen-temen alma udah bisa banget kok pake produk ini. Sisanya snack-snack kayak biskuit, juice, snack keju, jelly, bolu, dll (gak kepoto semua udah keburu dimakan alma :D). Gak lupa donk bundanya selipin katalog dan flyer promo Oriflame buat para calon prospekan ibunya temen-temen alma. Yaaaa kali-kali aja ada yang nyangkut kan hehehe…namanya juga usaha. Semuanya dimasukkin dalam tas tenteng kecil tema princess, tinker bell, barbie, hello kitty buat yang cewe, the cars dan Ben 10 buat yang cowo. Belinya di ITC Fatmawati, murah, kualitasnya bagus dan lebih berguna dibanding pake plastik-plastikan.

Pernak Pernik Lainnya

topiBerhubung acaranya sederhana, jadi biar lebih meriah dan bikin anak-anak hepi, kita beliin juga trumpet-trumpet dan topi-topi warna warni. Topi Princess buat yang cewe dan topi Mickey buat yang cowo. Beli trumpetnya mah Cuma di Giant aja kok, sementara beli topinya di ITC Fatmawati. Disana  ada toko namanya Nick Nack yang jual perlengkapan pesta ultah. Kebetulan waktu bikinin surprise birthday partynya bos, beli pernak perniknya disana, jadi gue sekalian aja juga belanja buat ultah alma. Cukup lengkap dan murah-murah harganya. Hiasan-hiasannya juga udah jadi tinggal pasang aja.

Well itu aja sih yang perlu disiapin, simple banget kan? Nyiapinnya juga Cuma seminggu sebelumnya kok. Enaknya kalo ultah disekolah gak wajib ngasi makan orang, hehehe jadi sebagai gantinya kami menyediakan snack-snack aja buat guru-gurunya Alma.

Nah jadi bagaimana suasana perayaan ultah alma di TPA Makara? Ini dia foto-fotonya:

teman-teman

Jam 10 saat snack time, dibantu ibu-ibu cofas, anak-anak dibagikan trumpet dan topi. Alhamdulillah pada tertib, pada mau dipakein topi dan duduk manis. Sementara Alma udah disiapin kursi khusus yang ultah, dia juga mau nurut walopun entah kenapa dia agak sedikit pendiam hari itu, kayaknya sih karena ada jadwal pemeriksaan gigi dan para dokternya udah dateng dari pagi. Lalu acara dimulai, dipimpin oleh ibu cofas diiringi dengan di setelnya lagu-lagu bertema ulang tahun. Anak-anak ditanya “ada yang tau hari ini ulang tahun siapa? Ulang tahun alma yang ke berapa ya, ayo kita nyanyi bersama ya….”

tiup-lilin

Acara pertama yaitu menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dan tiup lilin. Anak-anak rata-rata udah apal lagunya, alma juga sempet disodorin microphone dan dia mau nyanyi :)

potong-kue

Kelar tiup lilin, lanjut potong kue. Bunda sama alma bareng-bareng motongin kuenya. Potongan kue yang pertama alma berikan ke guru favoritnya: Ibu Lala. Entah kenapa di sekolah, Alma lebih suka dibimbing sama ibu lala dibanding guru yang lainnya. Kalo sampe sekolah pasti yang dicari ibu lala deh :)

Abis itu bunda di minta pidato sama ibu guru. Harapan ayah dan bundanya di usia yang ke-3 ini alma terus diberikan kesehatan, jadi anak yang pintar, mau patuh sama ayah bunda dirumah dan guru kalo di sekolah. Bunda juga berterima kasih kepada semua guru dan teman-teman yang udah mau hadir di acara ultah alma. Nah kalo harapan guru-gurunya nih: ”alma tidur siang doooonk” hahahaha….alma emang kalo disekolah jarang bobo siang tuh entah kenapa, padahal kalo dirumah mah disiplin banget.

kado

Kelar pidato, acara selanjutnya pemberian kado dari teman-teman alma. Masing-masing maju bawa kadonya dan alma yang nerima. Lucu banget deh alma kasih salim ke semua temennya padahal umurnya lebih kecil dari dia tapi dia tetep cium tangan. Makasi ya teman-temannya alma, semua kadonya pasti bermanfaat buat alma.

teman-teman-nyanyi

Habis itu anak-anak ditanya “siapa yang mau nyumbang lagu buat alma? Wah pada berani-berani loh, banyak yang tunjuk tangan dan gak perlu dibujuk dulu untuk maju kedepan. Ada Nadia, Nadine, Ranu dan Mabel yang gak malu-malu tampil. Bunda juga tanya “alma mau nyanyi gak?” eh ternyata alma jawab “mau”. Katanya mau nyanyi “Naik Kereta Api”. Wah ini untuk pertama kalinya bunda liat alma nyanyi di depan teman-temannya loooh.. gak Cuma sekedar baca dari buku penghubungnya aja sekarang bisa liat sendiri. Pintarnya anakku…

alma-nyanyisendiri

Sebelum lanjut belajar lagi, acara terakhir makan kue ulang tahun bareng-bareng. Alhamdulillah alma makan sendiri cuma sisa sedikit, temen-temennya juga suka kuenya dan pada habis.

makankue

Kebetulan di hari yang sama pas jadwal kunjungan dokter gigi, jadi abis makan kue, anak-anak diminta sikat gigi dulu trus ditemeni para cofas untuk periksa gigi. Alma awalnya gak mau, karena di buku laporannya sering banget ditulis alma suka gak mau buka mulut. Nah mungkin karena kali ini ditemenin bundanya jadi dia mau diperiksa sama tante dokter dan buka mulutnya. Kata tante dokter, gigi alma bagus banget gak ada bolong or karis. Alma kan kalo tidur gak pernah pake susu, dan sebelum tidur pasti sikat gigi dulu jadi alhamdulillah semoga giginya bagus terus.

periksa-gigi

So jadi seperti itulah cerita perayaan ultah alma. Sederhana banget kok, cuma sekitar setengah jam saja. Selesai periksa gigi, anak-anak lanjut belajar lagi, sorenya alma dijemput sama ayah, bunda, yangkung, yangti dan omnya. Tadinya ada rencana mau ajak alma maen ke kota bunga, eh karena pompa dirumah ngadat jadinya batal deh. Malemnya kita buka kado aja, seneng banget alma dapet kado lumayan banyak, kado yang paling dia suka kebetulan emang dari bundanya; kamera-kamera-an, heheh….

bukakado

Hari jumatnya berhubung kami sengaja cuti baru deh jalan ke kota bunga puncak, tapi sayang banget kita gak nge-cek2 dulu kota bunganya buka cuma weekend. Kecewa juga sih, kebetulan ayahnya alma dapet voucher untuk maen di arena fantasinya, model dufan versi kecilnya lah. Walhasil dari pada ngecewain alma akhirnya kita ajak dia ke Taman Safari aja, happy banget dia walopun sebelumnya udah pernah diajak kesana, tapi sekarang udah lebih berani untuk kasi makan binatang :) pulangnya mampir makan di cimory tapi sayang karena ujan jadi gak bisa maen-maen disana.

Seneng banget akhirnya bisa ngerayain ultah alma. Sebenernya di keluarga kami, terutama dari keluarga omanya alma gak pernah ada tradisi pesta ulang tahunan. Bahkan dari kecil kayaknya ultah gue gak pernah dirayain. Bagi kami sih gak masalah menyenangkan hati anak asal masih masuk akal dan mungkin tidak membiasakannya setiap tahun :)

Cats: Almathea Valezka

2 Comments »

Leave a comment

*

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL