Info Cover Hunt Parenting Indonesia 2008

June 19, 2009 • 8:59 am

Info Cover Hunt Parenting Indonesia 2008

Majalah Parenting Indonesia ngadain ajang Cover Hunt lagi loooooh, untuk anak umur 6 bulan – 3 tahun. Ikutan yuk moms, iseng-iseng berhadiah nih… Info bisa diliat disini: http://www.parenting.co.id/coverhunt/2009/

Waktu ajang Cover Hunt Parenting Indonesia tahun lalu Alma sempet ikutan juga di Kidsport Pondok Indah, ada disini nih ceritanya kalo hasil fotonya ada disini. Seru juga waktu itu, nunggunya lumayan lama dan riweh banget isinya oleh para orang tua dan baby-baby nya yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Taun lalu pendaftaran masih 50 ribu sekarang udah naek  jadi 75 ribu nih, tapi dapet goody bag kok.

Kurang lebih udah mau setaun nih Alma gak diikutin lomba-lombaan lagi, jadi kayaknya yang kali ini pengen ikutan lagi aaaaaah…

Hmm kalo ikutan tanggal 21 Juni kecepetan kali ya, masih ribet urusan rumah, mungkin ikut yang tanggal 9 Agustus aja di Kidsport PI lagi, masih banyak waktu buat persiapan ngarahin alma supaya mau bergaya depan kamera, wakakakkaka! *ini obsesi emaknya ato gimana ya?*

PS: thank you ri atas infonya ;) udah lama gak buka web2 majalah orang tua dan anak jadi ampir aja ketinggalan info :D

Walhasil barusan jadi inget buat mampir ke web mother and baby juga, eh ada lomba lagi loh dari tempra trus udah mo ada M & B Fair lagi tahun ini tanggal 31 Juli, 1 & 2 Aug. Taun lalu juga ikutan hadir, malah poto ala cover and poto sama artis segala. Hehhe…Seru kok acaranya, taun lalu malah gak padet banget jadi anak-anak juga nyaman. Asal jangan lupa bawa duit soalnya pasti bawaannya mau belanja deh :)

Mari moms kita kopdaran di M & B Fair yuk! *haha kopdar molo yah ancol aja beloman*

Cats: Informasi,Parenting

Bulan Keempat: Pandangan Yang Tajam

January 28, 2008 • 1:33 am

Kecakapan Utama: Penglihatan Binokular

Saat anda menjadi ahli dalam mengamati bayi, anda akan memperhatikan bahwa tiap tahap memiliki satu kecakapan penting yang apabila benar-benar dikuasainya, dapat sangat berpengaruh dalam membantu bayi untuk mengembangkan kecakapan lainnya dengan lebih baik. Penglihatan binokular adalah kecakapan utama pada bulan keempat. Bayi sekarang dapat mempergunakan kedua matanya, memberi pandangan mendalam dan jauh lebih baik – kemampuan untuk menilai secara akurat jarak antara matanya dan benda yang ia lihat. Bayangkan hak yang harus dihadapi oleh si bayi pada bulan-bulan sebelumnya. Setelah mengayunkan lengan pada target dan sering kali meleset selama tiga bulan pertama, si bayi pada akhirnya mendapatkan padangan yang konsisten pada benda dan meraihnya secara akurat.

Dikutip dari The Baby Book Karya William Sears, MD

22 Januari yang lalu Alma tepat berusia 4 bulan. Sekarang karena gue udah masuk kantor jadi kalo imunisasi cuma bisa hari sabtu, soalnya kalo hari biasa, pulang kantor takut tergesa-gesa ngejar waktu, makanya review perkembangan Alma dibuat setelah kelar imunisasi aja. Sesuai kutipan dari The Baby Book diatas, sekarang pandangan mata Alma udah jelas banget, kalo melihat wajah atau barang diamati dengan baik dan detail, udah bisa menatap jauh bahkan bisa melihat sesuatu yang bergerak dari satu sisi ke sisi yang lainnya sampe 180 derajat penuh. Kalo gue beranjak dari wajahnya, Kepala dan matanya bisa mengkuti langkah gue pergi.

Ini data perkembangan dan tingkah laku Alma di bulan keempat:

BB: 6 Kg (naik 1 kg)
Panjang: 62 cm (naek 5 cm)
Lingkar kepala: 36,5 cm (naik hanya 0,5 cm)

1. Satu minggu sebelum tepat 4 bulan udah lancar tengkurep (akhirnyaaa…). Kadang-kadang tangan kirinya masih suka kejepit sih tapi ‘ngebaliknya’ udah bisa cepet, kepala dan dadanya juga udah ngangkat.
2. Genggaman udah mulai kuat, setiap ada barang yang mengenai tangannya pasti langsung ditangkap dan dibuat maenan. Rambut dan baju gue sering banget ditarik-tarik. Kalo digendong juga reflek langsung megang bahu atau tangan si penggendong. Sekarang lagi belajar pegang botol.
3. Suaranya udah bervariasi, selain berteriak dan menjerit dia juga suka ‘meracau’ kayak burung, tonenya tuh tinggi banget bener-bener kayak suara burung deh pokoknya.
4. Kalo dipanggil mulai tau namanya dan diajak ngobrol selalu merespon dengan senyuman, ketawa dan bahasa bayi.
5. … read more »

Cats: Almathea Valezka,Parenting

ASI for Baby

December 28, 2007 • 3:50 pm

Barusan abis join milis asiforbaby and baca-baca arsipnya…
Aaaah jadi semangat lagi nih ngasi full ASI ke Alma…

Sejak masuk kantor omanya bilang, Alma cuma sekali aja minum sufor, selebihnya kasi ASIP. Emang dari awal persentase kasi ASI lebih banyak dari pada sufornya kok. Coba kalo gue udah nyetok banyak sebelum kerja, malahan gak perlu tuh pake sufor. Pengen ngejar ketinggalan jadinya nih, apalagi sekarang sekali meres udah lumayan banyak. Abisan waktu full dirumah, Alma nenennya setiap jam jadi mau meres susah, kalo dikit-dikit jadi gak puas aja rasanya.

Selama ini gue terlalu parno kali ya, ketakutan sendiri kalo Alma akan kekurangan, ketakutan karena BB nya cuma naek dikit, padahal mommy-mommy laen pada bilang itu normal aja kok. Sekarang gue harus optimis dan yakin serta menyingkirkan semua kekhawatiran gue karena datangnya ASI kan psikologis, kontrolnya dari otak, kalo kita bilang gak cukup maka akan beneran gak cukup. Jadi obatnya adalah Pede. Jadi nyesel juga mengingat gue sempet hopeless dan berkeluh kesah soal ASI dan selalu dnegan gampangnya ngasi sufor. Nyesel juga kenapa dulu gak sempet-sempetin ikutan klinik laktasi.

Ah menyesal kemudian tidak ada artinya yang penting sekarang harus Pede, masih ada banyak waktu kok. Kalo meres ASI katanya bayangin wajah bayinya ntar keluarnya jadi banyak. Dikantor ada temen yang ASI nya berlimpah banget, sekali meres bisa 300-500 ml dan sehari bisa dapet 1 liter. Gilak gak tuh! Bikin sirik aja sampe dia bilang udah gak muat kulkasnya. Betapa bahagianya dia diberikan berkah seperti itu. Sekarang anaknya umur 4 bulan beratnya udah 8 KG!!! Trus kakak gue juga cerita katanya ada temennya yang ASIP nya sampe 2 kulkas padahal anaknya udah 1 tahun sekarang. Ckkk…ck…ck… gak percaya ya ada orang yang bisa banjir gitu ASI nya. Wah mending jadi donor ASI tuh dapet pahala.

Hmmm…udah waktunya memerah nih. Meres dulu aaaah…

Cats: Almathea Valezka,Parenting

Byaaarr… Byuuurr… Enaknya Mandi

December 14, 2007 • 9:09 pm

Byaaarr... Byuuurr... Enaknya Mandi

Sesi paling mendebarkan tetapi juga menyenangkan dari serangkain mengurus bayi yaitu saat memandikannya. Kenapa mendebarkan? karena kalo tergelincir, bisa berabe deh. Menyenangkan? ya namanya juga bisa mandiin anak sendiri pasti seneng lah. Waktu melahirkan, di RS diajarin cara mandiin bayi tapi tetep aja begitu pulang masih ngeri takut kelepas karena licin. Gue sendiri baru berani mandiin Alma setelah menginjak 1 bulan, begitu pusernya udah puput. Sebelumnya nyokap yang megang peranan sementara gue cuma bantuin guyur-guyurannya aja. Kalo sekarang sih gue udah luwes. Pokoknya inti dari memandikan bayi adalah: pegang ketiaknya, dengan begitu gak akan tergelincir deh. Sebisa mungkin gue dan Mas Hendi, berdua-an yang mandiin Alma. Soalnya harus ada yang megangin dan harus ada yang ngebilas, walopun sekarang gue udah bisa mandiin sendiri tanpa dibantu siapa-siapa. Dirumah ada baby bather dari kado tapi kan posisinya buat duduk lagi pula gak bersih ah mandiin pake bather jadi gak kepake deh.

Alma kalo dimandiin gak pernah rewel. Seneng banget dia kena aer, hampir gak pernah nangis jadi yang mandiin juga gak repot. Ocehan pertamanya aja keluar ketika dia selesai dimandiin. Sekarang malah udah bawel banget sambil mandi juga suka ngoceh. Kadang kalo lagi disabunin suka nangis juga sih tapi begitu diangkat kedalam baknya langsung deh dia diem. Kadang-kadang aer mandinya kena muntahan, jadi mandi muntah deh, hehehes..

Wah ntar kalo gue dah masuk kerja bakal kehilangan momen mandiin Alma deh kecuali kalo weekend. Beginilah nasib ibu-ibu pekerja:(

Pantat Alma ternyata ada bulunya :D
Noda mongolia (warna biru) udah mulai memudar

————————————————————————————–

Kiat memandikan bayi (yang gue pelajari dari nyokap):

Pilihlah tempat untuk memandikan bayi, bisa di dapur atau sudut kamar mandi. Kalo bisa bebas dari udara atau angin. Siapkan bak berisi air hangat, handuk, perlak, kain untuk alas perlak, waslap, sabun, dan sampo. Kemudian di tempat terpisah siapkan pakaian bersih, sarung tangan/kaki, bedak, minyak telon, korek kuping, alkohol (kalo pusernya belum puput), kaen bedong dan sisir bayi.

Cara Memandikan:
Baringkan bayi diatas perlak yang sudah di alas kain. Oleskan sampo pada kepala bayi, pijit kulit kepala dengan lembut. Gak usah khawatir sama ubun-ubunnya, kondisinya kokoh kok. Kemudian sabuni … read more »

Cats: Almathea Valezka,Parenting

Asal Usul Nama Almathea Valezka

November 9, 2007 • 1:29 am

Sejak memproklamirkan nama anak gue, banyak banget orang yang komen soal nama Almathea Valezka. Komentar yang paling banyak gue denger adalah: “Kok kayak orang bandung aja sih pake ‘tea’, si Alma teaaaa…”. *diucapkan dengan logat sunda*. Iiih…sebel deh dengernya, ya pengucapannya gak pake logat sunda donk, wong thea aja kalo dilafalkan dengan basa londo menjadi “Tzia”. Eh iya gak sihhh? Hehehe. Komentar lain yang gue dapet tepatnya yang suami terima adalah “Wah ini bapaknya ngefans sama Elma Theana kali ya” Mawakakakak…iya ya kok baru ngeh kalo namanya Alma mirip Elma Theana, padahal waktu milih nama ini gak pernah sekalipun contek nama-nama artis. Ada juga yang komen katanya kayak nama orang Venezuela.

Ngomong-ngomong seputar pemilihan nama anak, suami sepenuhnya menyerahkan kepada gue. So sejak tau jenis kelamin si dedek, gue pun mulai bikin list nama-nama cewek. Beberapa calon nama dedek ada yang berasal dari karangan gue sendiri, tanpa liat buku ataupun browsing di internet. Beberapa ada yang dapet inspirasi dari nama orang lain. Btw, beberapa calon nama bayi udah gue create mulai jaman SMA loh. Wekekekek…gile ya, belum merit aja udah mikirin nama anak. Pokoknya kalo mendengar suatu nama langsung deh catet “hmmm…kayaknya bagus nih buat nama anak someday” so walhasil langsung gue simpen di memori hingga sekarang. Sampe suatu hari di bulan ketujuh kehamilan, gue mendapat pinjaman buku ini nih dari seorang temen kantor. Banyak nama-nama bagus di buku ini, kebanyakan emang mengarah ke nama bule. Semua bahasa ada di dalam buku ini. Sebelum akhirnya memutuskan memilih Almathea Valezka, nih dia calon-calon nama dedek waktu itu:

1. Marchantia Flavia (Marsha)
Nama ini gue dapatkan waktu SMA, kalo gak salah waktu itu pas lagi belajar biologi deh tau nama ini. Marchantia adalah bahasa latin dari sebuah nama tanaman entah tanaman apa. Sementara Flavia ya karangan sendiri aja gak tau juga deh artinya apa. Hehhee…Tapi pas dipikir-pikir kalo dipanggil “Tia” udah pasaran banget sementara kalo “Marsha” kok ya gak rada-rada kebulean, so akhirnya nama ini gak jadi dipilih.

2. Vedriana Vanka Varissa (Vanka)
Nama ini gue karang jaman kuliah. Gak jelas asal usulnya dan gak tau apa artinya, … read more »

Cats: Almathea Valezka,Parenting

Suara-suara Lucu itu…

• 1:15 am

Umur Alma belum lagi genap 2 bulan, tapi udah banyak banget perkembangan yang aku liat dari dirinya. Selain badannya yang udah mulai berat, Alma juga udah sering mengeluarkan suara-suara kecil dengan tone yang cute seperti:

Aaaai…Aww…Ahuuuu…Iiirrggg…Eeey…oooow..

tepatnya pada saat moodnya lagi bagus terutama sehabis mandi dan pada saat ‘ngebersihin pantatnya’. Karena matanya udah mulai melihat, aku gantung maenan yang berwarna warni di dalem boxnya, jadi pada saat dia dibersihin setelah pipis atau pup dia gak lagi sering nangis tapi sibuk ngeliatin maenan tersebut dan langsung deh senyum-senyum dan ngeluarin suara-suara lucunya sambil seluruh tangan dan kakinya bergerak-gerak aktif. Sekitar jam 2-3 pagi pasti deh dia pengen maen, pokoknya tiap ari begadang deeeeeh dirikuuu..hiks!!. Badannya juga udah kuat banget, kalo nangis atau lagi marah, perutnya diangkat-angkat, kakinya ditendang-tendang, wah kalo gak kuat-kuat megangnya, bisa jatoh nanti. Alma juga udah usaha sendiri untuk miringin badannya terutama kearah kanan seperti ingin tengkurep dan kalo ditelentangin di kasur pasti udah geser kemana-mana karena dia gak mau diem.

Kalo abis nenen trus ketiduran, Alma suka senyum menyeringai yang dibuku aku baca bahwa itu sebagai tanda seyum lega setelah diselamatkan dari periode sakit perut setelah disusui sampai puas atau setelah digendong dan diayun-ayun. Kalo dikasi susu dalam botol, tangannya (kadang salah satu kadang kedua tangan) refleks pasti nyentuh botol susu seperti pengen megang sendiri.

Aku berdoa semoga Alma gak termasuk ‘bayi kolik’ alias bayi yang menderita yang menangis tegang dan tanpa alasan yang jelas dan tidak bisa dibujuk dan didiamkan sebagai tanda kalo dia kesakitan. Belakangan Alma emang sering banget masuk angin (turunan ayahnya nih), dan aku suka sedih kalo dia nangis kadang susah mengartikan apa maunya, dia kan belum bisa ngomong, apakah dia lapar, sakit, ngantuk ataupun hanya sekedar rewel. Tapi seiring berjalannya waktu naluri sang ibu biasanya akan tau dengan sendirinya. Mudah-mudahan aku bisa cepet ngerti apa yang dia mau. Amiin…

Cats: Almathea Valezka,Parenting

The Baby Book

• 1:05 am

Kalau dulu waktu hamil aku punya buku wajib panduan kehamilan tentang apa yang dialami serta permasalahan yang dihadapi bulan per bulan, sekarang setelah Alma lahir buku ini lah yang akan jadi guru dan acuanku dalam merawat dan menanggapi kebutuhan Alma dengan tepat. Buku ini hasil rekomendasi Kika, temenku di Semarang.

“The Baby Book, Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Bayi Anda Sejak Lahir Hingga Usia Dua Tahun”: karya seorang dokter anak bernama William Sears, MD dan istrinya seorang perawat, Martha Sears, RN ini berbagi pengalaman dan informasi mereka sebagai orangtua dari delapan anak dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama bayi yang sangat diperdulikan orangtua masa kini seperti makan, tidur, perkembangan, kesehatan dan kenyamanan.

“Mengoleksi buku ini sama halnya mengoleksi pengetahuan dan keahlian merawat, memberi makan, mengatur nutrisi, melesatkan perkembangan, dan mengatasai masalah kesehatan yang lazim terjadi pada bayi. Selain itu buku ini juga menekankan konsep pengasuhan penuh cinta (attachment parenting); pendekatan lembut dan masuk akal atas pengasuhan yang menekankan ikatan batin dengan bayi, tanggapan terhadap isyaratnya, menyusuinya, memopokinya, tidur bersamanya dan menetapkan batasan-batasan yang tepat. Tak hanya lengkap, buku ini juga menyajikan pendekatan praktis dan modern tentang pengasuhan anak yang selaras dengan gaya hidup zaman sekarang. Dengan mengakui ketiadaan cara tunggal mengasuh bayi, buku ini menyuguhkan panduan dan pemikiran dasar yang anda perlukan untuk mengembangkan gaya pengasuhan yang paling sesui untuk anda dan anak anda.”

William Sears ini udah 30 tahun menjalani praktik sebagai dokter anak dan yang aku suka gaya pengasuhan yang diterapkan olehnya tidak kaku dan banyak memberikan kelonggaran bagi orangtua masa kini yang sibuk. Entah memang gaya pengasuhan orang bule lebih modern daripada pengasuhan orang Indo ya, tapi yang pasti apa yang dia informasikan sangat cocok dengan gaya yang aku dan mamaku terapkan dalam mengasuh Alma. Untungnya mamaku juga bukan tipe yang banyak larangan ini itu dan gak kolot, gak takut dan ngikutin mitos-mitos yang belum jelas kebenarannya. Baru 1 bulan aja Alma udah sering didudukin dan ditelungkupin, kalo tidur dimiringin kanan, kiri, sering disentuh, dibecandain dengan ditepuk-tepukin pipinya, pokoknya leluasa ajalah, gak usah terlalu kuno dengan berkomentar “iiih jangan kan kasian” Lah kalo menurut ku … read more »

Cats: Almathea Valezka,Knowledge,Parenting